SMKN 1 Lingsar Produksi Mobil Kreasi

SMKN 1 Lingsar menanti kebanggaannya berupa produk Mobil kreasi SMK 1 Lingsar yang dinamainya mobil SMKN 1 Lingsar Bisa. Diharapkan, proses pengerjaannya bisa selesai sesuai target yang ditentukan. Mobil tersebut, nantinya direncanakan akan rencananya akan dipamerkan pada peringatan hari ulang tahun sekolah Februari mendatang disaksikan lansung oleh Bupati Lobar.

Guna mempercepat rencana tersebut pihak sekolah menerjunkan lansung tiga orang guru pembina dan enam siswa jurusan otomotif untuk membuat dan merakit mobil multifungsi ini. ”Mobil ini desain untuk tiga orang penumpang. Jenis mobil seperti mobil bajaj modern yang menggunakan tiga roda, dua roda depan dan satu roda belakang. Sementara untuk mesin mobil kita pakai mesin motor Jupiter,” kata Kepala SMKN 1 Lingsar, Makbullah, M. Pd di Lingsar, Selasa (20/1)  

Dikatakannya, sebelumnya pihaknya tidak sanggup membuat mobil, tapi setelah dirampungkannya badan mobil keraguannya tersebut berubah menjadi semangat yang menggelora. Ia optimis bahwa mobil yang akan mereka hasilkan ini tidak akan kalah bersaing dengan mobil buatan luar negeri. “Ini akan menjadi produk paling berharga kami. Kami cukup bangga dan senang,” katanya.

Mobil ini menghabiskan dana sekitar 15 juta. Saat ini baru dirampungkan kerangka dan pemasangan mesin mobil. Dan jika tak ada, Bupati saatnya nanti akan diundang. Bupati diharapkan lansung melihat dan mengecek kondisi Mobil SMKN 1 Lingsar Bisa ini,” kata L Syamsuddin, Waka humas SMKN 1 Lingsar.

Syamsudin menambahkan, siswa SMK memang lebih banyak didominasi oleh masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Oleh karena itu melalui pembuatan mobil ini ia berharap setelah lulus SMK, apabila tidak dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, anak didiknya dapat membantu meringankan beban keluarga dengan bekerja.

”Disini kami akan membuktikan slogan SMK bisa yang diperuntukkan bagi seluruh sekolah kejuruan di Indonesia ternyata bukan isapan jempol semata. Supaya masyarakat juga tidak menganggap anak-anak SMK tidak bisa berkreasi,” katanya.

Selain sebagai pameran saat ulang tahun sekolah, tujuan lain dari proses pembuatan mobil SMKN 1 Lingsar Bisa ini adalah untuk menghasilkan tamatan yang dapat bersaing di dunia kerja terutama untuk berwirausaha sendiri. ”Kami berharap dengan kegiatan seperti ini nantinya anak-anak berhasil berwirausaha sendri dengan sukses bahkan menghasilkan inovasi yang luar biasa melebihi pencapaian ini,” ujarnya. (wardi) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru