SLBN Kabupaten Bima Gelar Bimtek Akreditasi

KM RUNGGU.-Selama dua hari  yakni Kamis dan Jum.at (15 dan 16/1), Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Bima mengadakan kegiatan Bimbingan Tekhnis. Kegiatan itu, dipusatkan diaula sekolah setempat di Desa Runggu Kecamatan Belo.

            Ketua Panitia, Sriyati SPd mengataan bahwa  kegiatan Bimtek itu berlangsung dua hari. Pesertanya, dari SLBN Kota Bima sebanyak 14 orang dan SLBN Kabupaten Bima juga 14 orang. ”Bimtek yang kami lakukan adalah Bimtek penyiapan akreditasi SMALBN Kabupaten dan Kota Bima, dan berlangsung dua hari,” ujar Perintis berdirinya SLBN Kabupaten Bima itu.

            Lanjutnya, SLBN Negeri Kabupaten Bima berdiri sejak tahun 2005  menyiapkan siswa SDLBN dan SMPLB, dan tahun 2008 mendirikan SMALB. Adapun SDLBN dan SMPLBN sudah terakreditasi dengan predikat B. ”Sekarang kami siapkan lagi SMALBNnya supaya mendapatkan akreditasi minmal predikat B,” ujar Sriyati.

            Kegiatan Bimtek dengan nara sumbernya dari Aksesor Provinsi, Dinas Dikpora NTB dan Pengawas Khusus PLB yang ada di Kota Bima. Sementara pengawas SLB di Kabupaten Bima belum ada. ”Pematerinya dari aksesor Mataram dan Dikpora NTB serta pengawas SLBN dari Kota Bima,” papar Sriyati.

            Adapun materi yang dibimbing, terangnya, seperti standar Isi, Standar Proses, sarana dan Prasarana, pembiayaan, Kelulusan, pendidik dan Tenaga Kependidikan, pengelolaan dan standar penilaian. ”jadi ada Delapan standar isi materi yang dibimtek oleh aksesornya,”  jelasnya.

            Sehingga untuk mendapatkan status akreditasi, maka para guru harus mampu mengisi 8 standar isi itu. ”Sebelum dinilai oleh Aksesor Pusat, para guru SMANSLB harus mampu mengisi standar itu. Setiap saat, apabila tim penilai datang kami sudah siap. Sehingga nggak ragu, karena para guru sudah siap,” Pungkas Sriyati. (RIS)   - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru