Gandeng Komite Bangun Pendidikan

KM-Bolo—Pendidikan merupakan lembaga formal untuk menimba Ilmu. Akan tetapi, maju mundurnya pendidikan tergantung sungguh dari pola yang diterapkan stakeholders. Sejalan dengan hal itu, rupanya sosok Kepala SMAN 2 Monta Drs M Fadil akan menggandeng elemen lain untuk membangun pendidikan.

            “Kalau mau sukses kita harus mengandeng elemen lain untuk sama-sama membangun pendidikan. Sebab, sesulit apapun yang dihadapi, maka akan terasa mudah untuk dilalui. Sedangkan elemen lain yang saya maksudkan itu yakni komite, dewan guru, Pegawai TU, serta orang tua murid,” ujar M Fadil, Senin lalu.

Selain itu, kata Fadil, sekolah juga harus memiliki visi misi yang jelas. Itu pula harus disusun oleh kepala sekolah dan dewan guru. Tetapi sebelum menentukan visi misi, terlebih dulu kita harus melihat kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh sekolah. Kekuatan dimaksud adalah jumlah siswa, termasuk kualifikasi akademik para pengajar.

            Sedangkan kelemahannya, lanjut Fadil, terkait tidak disiplinnya guru, pegawai TU, siswa, minimnya sarana penunjang KBM atau kurang harmonisnya kerja sama masyarakat dengan sekolah. Jika kekuatan dan kelemahan sekolah itu sudah teridentifikasi, maka akan mudah untuk menyususn visi misi sekolah. Dan, kalau menyangkut hal itu, SMAN 2 Monta sudah bisa mengembangkan diri. “Hanya saja, para guru perlu pelatihan untuk menambah profesionalisme sebagai seorang pendidik,” katanya.(adi) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru