Mencontek Cikal Bakal Perilaku Korup

Suela. SK_Mencontek merupakan salah satu aktifitas yang di kategorikan sebagai prilaku tercela. Upaya mencontek dapat di lakukan di berbagai hal, terutama di sekolah, tepatnya pada saat-saat ulangan atau ujian.
Meskipun prilaku tercela, mencontek seakan menjadi kebiasaan berdampak pada keterbelakangan.

"Prilaku mencontek cikal bakal adanya tindakan korup, dan ini disayangkan bagi generasi masa depan. Kondisi ini disebabkan sistem pendidkan yang masih kita adopsi dari penjajahan terdahulu, anak sering dipaksakan kejar-kejaran dalam belajar demi mempercepat kurikulum" ungkap Hajad Guna R yang juga Aktif di organisasi ANDUALA NTB.

Kebiasaan mencontek telah terpatrik sejak dulu pada tingkatan pelajar. Dan prilaku mencontek tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Hal tersebut dipaparkan salah seorang siswi SMAN 1 Suela, Kecamatan Suela, kabupaten Lombok Timur, Devi Octaviana mengatakan " Perilaku mencontek, biasnya karena mereka tidak belajar, sulit memahami materi, dan kurangnya rasa percaya diri, atau dapat dirangkum dalam satu paket, yaitu malas" papar Devi saat dikonfirm 17/12/2014.

Kurangnya partisipasi penanggulangan budaya mencontek dari sejumlah instansi terkait juga turut mendukung lestarinya tradisi buruk ini. Bahkan guru yang turut mengawasi jalannya penyelenggaraan ujian pun sabagian besar kurang tegas dan kurang teliti.

Devi juga berharap "Seharusnya pengawas tersebut harus lebih jeli dan pintar menangkap gerak-gerik siswa yang sedang keasyikan mencontek, karena peran pengawas sangat besar pengaruhnya dalam masa penyelenggaraan ujian" harapnya. [] - 05


 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru