Marching Band SMAN 1 Monta Aktif Kembali

KM. Portal Himpas, - Setelah sempat fakum beberapa bulan, kini Marching Band Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Monta sudah mulai diaktifkan kembali. Latihan yang dilaksanakan dihalaman sekolah pada, Kamis (11/12) pagi itu antusias diikuti oleh pelajar sekolah setempat.

Dra. Hanifah, guru pembina Marching Band yang di temui di halaman sekolah setempat menjelaskan, penyebab terhe-ntinya latihan selama ini adalah kerena ada kerusakan alat drum band yang harus dipesan dari luar daerah. “Untuk itu latihan terpaksa kami hentikan karena harus menunggu pesanan alat dari luar daerah,” katanya.

Setelah pihak sekolah menerima pesanan ini, kini latihan sudah mulai diintensifkan kembali dan bahkan sudah berjalan sejak beberapa minggu yang lalu. Namun kendala bagi sekolah yang baru memiliki alat marching band ini adalah kurangnya pelatih profesianal yang akan memberikan latihan kepada siswa. Meski demikian sekolah ini juga pernah menyewah pelatih profesional dari Kota Bima, tetapi karena adanya kerusakan alat beberapa waktu lalu latihan pun terpaksa harus dihentikan.

Kendati demikian, Hanifah mengaku memiliki cara untuk mengatasai hal ini yaitu dengan menberdayakan siswa kelas tiga yang pernah menerima latihan dan telah mahir dalam beberapa permainan dan lirik. “Sebelum ada keputusan dari sekolah untuk mendatangkan kebali pelatih yang pernah disewa, maka untuk sementara kami member-dayakan dulu siswa kelas tiga yang akan memberikan latihan kepada adik-adiknya kelas satu dan dua,” ungkapnya.

Latihan ini perlu diintensifkan hingga beberapa minggu kedepan karena menyusul ada permintaan pemerintah kecamatan yang meminta agar pasukan Marching Band SMAN 1 Monta  tampil dalam acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kecamatan. “Pemerintah kecamatan melalui kepala sekolah telah meminta agar pasukan marching band SMA dapat tampil dalam parade pembukaan MTQ tingkat kecamatan yang akan dibuka pada akhir  Desember tahun ini,” katanya.

Selain itu, Kartini, salah seorang siswa kelas satu SMAN 1 Monta mengaku sangat senang bisa mengikuti latihan marching band. “Saya senang  bisa terpilih sebagai anggota marching band, selain dapat melatih keterampilan kami juga dilatih untuk meningkatkan kedisiplin dan kekompakan  karena ketika satu orang salah maka semuanya salah,” katanya. [Son] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru