Sicantik Jawara Pidato Bahasa Inggris

KM Nggusuwaru – Setelah menjuarai lomba pidato menggunakan Bahasa Inggris pada Tahun 2013 lalu, Rafidah (15 thn), kembali menyabet juara satu pada ajang yang sama di tahun 2014 ini. Siswi MAN 1 Kota Bima ini, mempertahankan gelar juara satu lomba pidato Bahasa Inggris tingkat MA/SMA/SMK se-Kota Bima, dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-69.

Prestasi siswi kelas XI IPA-3 ini patut di banggakan. Dalam usianya yang masih dini, anak pasangan suami-istri Azhar SH dan Asmah Mansyur,  telah mampu mengukir prestasi yang membanggakan bagi sekolah maupun kedua orangtuanya.

Prestasi yang melekat pada diri Rafidah ini adalah berkat perjuangan kerasnya dalam belajar bahasa Inggris, terutama kosa kata dan penghafalan. Setiap hari dirinya harus berlatih mengasah kemampuan berbahasa inggris, baik dengan teman sekolah, guru pembina maupun dengan teman yang berasal dari luar negeri yang dia kenal lewat jejaring sosial facebook (FB).

Dalam memantapkan kemampuan berbahasa inggris, saat jam isterahat sekolah bahkan saat sore haripun, dimanfaatkan untuk belajar bersama tiga guru pembina Ruslan Setiawan S.Pd, Nur Lailatul Hijriah, dan Syamsudin.

Bahkan, untuk memperdalam kemampuan berbahasa asing tersebut, sekolah mengadakan tour wisata di pantai Lakey Kabupaten Dompu. Di tempat wisata itu, ia bertemu dengan turis dan selalu berdialog untuk melatih kemampuan berbahasa asingnya.

Rafidah bertekad, setelah tamat nantinya akan terus mendalami bahasa asing, yang tentunya sangat menarik bagi dirinya. Ia juga bercita-cita ingin kuliah di luar negeri. “Dengan kuliah di luar negeri, maka ilmu dan percakapan dalam bahasa asing akan diserap maksimal,” ujar Rafidah.

Siswi yang hoby bela diri silat ini mengatakan, belajar bahasa asing (Inggris) tidaklah terlalu sulit. Yang penting, katanya, harus banyak belajar dan berlatih berkomunikasi secara kontinu. “Tanpa itu semua, tentu hasilnya tidak akan maksimal,” kata Rafidah.

Guru pembina bahasa Inggris, Ruslan Setiawan S.Pd, menjelaskan prestasi yang diraih Rafidah merupakan kembagaan sekolah. Juara ini merupakan hasil kerja keras dan latihan rutin. “Semoga dengan keberhasilan yang diraih rafidah, akan diikuti oleh siswa-siswi lainnya,” harapnya.

Rafidah menjadi juara dengan nilai tertinggi setelah memaparkan materi dengan tema Danger of smoking for human’s life atau bahaya merokok bagi kehidupan manusia. (AL) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru