Kado Terindah Ku di Hari Guru

KM. Sukamula-Peringatan Hari Guru, 25 November 2014 adalah hari yang sangat bersejarah bagi kami yang mengabdikan diri sebagai guru di MTs. Maraqitta’limat Lenggorong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Bagaimana tidak, selama 8 tahun kami mengabdikan diri di MTs ini, baru kali ini kami diberikan kado oleh siswa-siswi kami.

Selesai melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru, tiba-tiba siswa-siswi kami mengetuk pintu kantor/ruang guru dan mengucapkan salam. Salah seorang diantara mereka kemudian masuk dan membacakan sebuah puisi. Dengan nada syahdu Ika Purnama Sari membacakan puisi karya-nya di depan kami.

“Selamat Hari Guru”

Guru ku,

tidak ada kata seindah kata mu,

tidak ada petuah sesuci petuah mu,

tidak ada ilmu semegah ilmu yang dikau ajarkan kepada ku.

Guru ku,

Betaspa sabar dikau mengajar dan mendidik ku,

Betapa tulus kasih sayang yang dikau curahkan kepada ku,

Betapa besar pengorbanan mu untuk bangsa ini dan diri ku,

Guru ku,

Panas dan hujan bukan halangan untuk kau datang mendidik dan mengajar kami

Jarak yang jauh dan melonjaknya harga BBM bukan alasan untuk kau tidak menemui kami di sekolah ini

Sungguh dikau adalah pahlawan tanpa tanjda jasa bagi kami dan negeri ini

Guru ku,

Hari ini aku ucapkan selamat Hari Guru untuk kalian semua

Semoga tulus cinta dan kasih sayang mu dibalas dengan syurga oleh Allah Yang Maha Kuasa

Semoga segala pengorbanan mu menjadi semnagat juang bagi kami semua

Terimakasih guru ku,

Terimakasih atas segala ilmu dan kasih sayang mu

Terimaksaih atas semua pengorbanan mu

Terimakasih atas segala petuah suci mu

Sungguh terharu kami mendengarkan puisi itu, tidak terasa air mata saya jatuh membasahi pipi. Selesai membacakan puisi-nya, Ika Purnamasari langsung bersalaman dengan kami semua. Dan tidak lama berselang siswa-siswi lainnya yang mewakili kawan-kawan-nya berbaris rapi masuk ke ruang guru. Kami tersentak melihat mereka membawa kado. Tidak pernah kami sangka, ternyata siswa-siswai kami sangat perduli terhadap kami. buktinya mereka menganugerahkan kado untuk kami.

Kado ini adalah kado terindah bagi kami sebab selama 8 tahun saya dan kawan-kawan mengabdikan diri sebagai guru di MTs. Maraqitta’limat Lenggorong dan sekolah-sekolah lainnya, tetapi baru kali ini kami mendapatkan anugrah seindah ini dari siswa-siswi kami. Rasa haru yang saya rasakan layaknya rasa haru saya ketika menerima Anugrah Duta Informasi Tahun 2014 dari Kampung Media pada malam Minggu tanggal 22 November 2014 yang lalu.

Setelah semuanya memasuki ruang guru, mereka berbaris rapi dan meminta kami untuk berdiri. Setelah itu mereka menyerahkan Kado Ucapan Selamat Hari Guru kepada kami. Setelah itu mereka menyanyikan lagu “Himne Guru”. Sungguh tidak pernah kami duga, siswa-siswi kami akan melakukan hal seistimewa ini kepada kami. Rasa haru bercampur bahagia berkecamuk dalam hati kami atas perlakuan istimewa siswa-siswi kami dalam merayakan Peringatan Hari Guru untuk kami.

Ada 14 Kado yang kami terima, jadi masing-masing guru mendapatkan satu buah kado Ucapan Selamat Hari Guru sebab saat ini guru di MTs Maraqitta’limat Lenggorong yang kami kelola berjumlah 14 orang. Ternyata siswa-siswi kami telah menyiapkan satu kado untuk masing-masing guru. Pada masing-masing kado telah tertulis nama guru penerimanya.

Selesai menyerahkan kado dan menyanyikan lagu “Himne Guru”, siswa-siswi tadi kemudian meninggalkan ruang guru. Dengan penuh rasa haru, kami kemudian membuka kado kami masing-masing. Setelah melihat isi kado masing-masing, rasa bahagia tercermin pada air muka kawan-kawan saya. Isi kado pemberian siswa-siswi kami cukuplah beraagam, ada yang berisi sabun mandi dan sabun cuci, ada yang berisi roti, ada yang berisi buah apel, ada yang berisi baju oblong, ada pula yang berisi jilbab.

Sepertinya saya adalah guru yang paling bahagia pada hari ini sebab diantara 14 kado yang diberikan oleh siswa-siswi kami, hanya kado untuk saya yang paling istimewa. Kado untuk saya berisi sebuah batik berwarna biru kehitam-hitaman. Heheeee siswa-siswi saya ternyata sudah paham akan warna, mereka juga mengetahui warna kesukaan saya. Dan yang paling membanggakan adalah mereka tahu ukuran baju yang pas di tubuh saya. Heheeee… terimakasih anak-anak ku.

Sungguh ini adalah kado teristimewa bagi saya. Selain baju batik itu, kado untuk saya juga beris sepotong kertas yang berisi puisi sederhana dan lirik lagu “Himne Guru”.

“Terimakasih Ku”

Terimakasih ku ucapkan untuk mu guru ku yang tulus

Ilmu yang telah dikau ajarkan akan menjadi pelita ku hingga ahir usia

Terimakasih ku ucapkan untuk mu duhai guru ku

Engkau telah mengajar ku sehingga aku bisa tahu apa yang sebelum-nya aku tidak tahu

Terimakasih ku, duhai bapak guru

Aku tidak akan pernah melupakan apa yang telah engkau ajarkan

Terimakasih ku, duhai bapak guru

Akan aku amalkan ilmu yang telah dikau ajarkan

Dan sebagai ahir dari puisi ini, saya akan menyanyikan lagu yang berjudul “Himne Guru”

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru

Nama mu akan selalu hidup dalam sanubari ku

Sebagai prasasti terimakasih ku tuk pengabdian mu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan

Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan

Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa

Tanpa tanda jasa

Demikianlah bait-bait puisi yang tertera pada sepucuk kertas yang diselipkan dalam saku batik yang dihadiahkan kepada saya. Kalimat-kalimat dalam puisi itu sungguh membuat saya semakin haru dan merasa bangga sebab baru kali ini saya diberikan penghargaan yang tiada terhingga nilainya oleh siswa-siswa saya.

Peringatan Hari Guru tahun ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi saya. Hari ini sama bersejarahnya dengan Anugrah Kampung Media 2014 yang saya terima pada tanggal 22 November 2014 yang lalu. Semoag guru di Indonesia semakin jaya, semoga pendidikan Indonesia semakin baik dan semoga Kampung Media semakin Jaya.

Di ahir tulisan ini juga saya berharap semoga siswa-siswi saya menjadi orang-orang yang baik dan berbudi pekerti luhur. Semoga mereka menjadi orang-orang yang berhasil dan menjadi pejung bangsa ini dikemudian hari. Sungguh apa yang mereka lakukan hari ini tidaka akan pernah terlupa sepanjang hayat ini sebab jarang-jarang seorang siswa melakukan hal seistimewa ini kepada guru-nya, lebih-lebih pada Peringatan Hari Guru.[] - 01

Selamat Untuk Guru dan Selamat Pula Untuk Kampung Media.

Salam Dari Kamung: Baca, Pikir, Kerja.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru