TUB Monta Dinilai Tim Juri

KM. Portal Himpas, - Tim juri lomba Tata Upacara Bendara (TUB) Tingkat Kabupaten Bima melakukan penilaian pelaksanaan TUB di Kecamatan Monta, Kamis (16/10). Kegiatan yang berpusat di lapangan Desa Tangga Kecamatan Monta ini diikuti oleh peserta tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan finalis lomba TUB tingkat Kecamatan Monta hasil seleksi yang dilakukan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemuda dan Olahraga (UPT Dikpora) Kecamatan Monta.

Beberapa sekolah yang mendapat kesempatan untuk menunjukan kemampuan dihadapan Tim Juri pada, kamis siang itu antara lain,  Tingkat Sekolah Dasar merupaka gabungan siswa  3 Gusus, sedangkan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) diwakili oleh SMPN 1 Monta dan SMPN 4 Monta dan di tingkat SMA diwakili oleh SMAN 1 Monta.

Ketua Tim Juri lomba TUB Kabupaten Bima, Munajar Kasi Kepemudaan, Dinas Dikpora Kabupaten Bima yang ditemui di lapangan Desa Tangga mengatakan, Sejak beberapa hari terakhir Juri Kabupaten sudah mulai turun ke lapangan untuk memberika penilaian terhadap pelaksanaan lomba TUB di tiap-tiap Kecamatan. Di hari pertama penilaian Selasa, (14/10). Tim juri melakukan penilain di dua Kecamatan yaitu Sape dan Lambu.

Dalam kegiatan ini tim juri akan mendatangi kecamata untuk memberikan penilaian. “Mengingat kalau peserta dibawa ke Kabupaten, barang kali jutaan rupiah biaya yang akan dikeluarkan, jadi kami akan turun langsung ke lapangan untuk memberikan penilaian,” tuturnya.

Dikatakannya, Lomba TUB yang mulai diselenggarakan tahun  ini, akan diikuti oleh seluruh siswa mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga tingkat SMA/SMK. “Dalam lomba diharapkan peserta tingkat SMA/SMK agar menggunkan Drum Band tetapi bagi siswa SD dan SMP bagi yang belum memiliki alat tidak apa-apa,” katanya.

Melalui upacara kita ingin mendidik karakter, coba saja kita bayangkan ketika upacara-upacara umum sulit sekali kita memanggil peserta belum apa-apa sebelum pidado sudah pada duduk. “Sekarang kita lihat bagaimana disiplin siswa saat mengikuti lomba, Jadi inti dari kegiatan ini adalah untuk melatih disiplin dan mendidik karakter siswa,” jelasnya.

Menurutnya, pengumuman juara kemungkinan akan di lakukan sekitar bulan November. “Pengumuman barang kali akan dilakukan pada upacara 10 Nomber, sedangkan pada upacara 28 Oktober kita belum dapat mengejarnya  karena masih melakukan penilaian,” ungkapnya.

Dia berharap, lomba TUB dapat berlanjut tiap tahun. “Karena sekarang sudah masuk dalam proses anggaran, Insya Allah tahun depan juga akan kita laksanakan, mudah-mudah  propinsi dapat menindak lanjuti dengan mengadakan lomba di tingkat propinsi,” harap Munajar.  [AL] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru