Siswa SMA Observasi Di Sambori

KM RUNGGU.-Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 9SMAN) 1 Palibelo, Minggu (21/9) melaksanakan kegiatan pembelajaran observasi. Kegiatan itu, dilangsungkan di Desa Sambori Kecamatan Lambitu.

Kepsek SMAN 1 Palibelo, Andi Azis SPd mengatakan kegiatan pembelajaran Observasi yang dilakukan siswa kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan implementasi kurikulum XIII. Kegiatan Observasi itu, berlangsung hanya satu hari yakni Minggu (21/9). “Siswa Kelas Sebelas Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, melaksanakan kegiatan observasi di Desa Sambori. Akan tetapi tidak seluruh siswanya ikut. Hanya beberapa siswa saja,” Terang Andi Azis, di ruang kerjanya.

            Lanjut dia, lokasi Desa Sambori menjadi sasaran karena di Desa Sambori memiliki pola hidup sangat berbeda dengan desa yang lain yang ada di Kabupaten Bima. “Desa Sambori masih tradisional, memiliki kultur social budaya yang berbeda. Memiliki bahasa local yang tak sama dengan bahasa ibu orang Bima umumnya,” jelas Andi Azis.

            Observasi merupalan salah satu mata pelajaran yang tengah dijalankan siswa kelas XI jurusan IPS. Siswa datang ke Sambori, untuk mengamati, mempelajari dan mewancarai masyarakat Sambori. “Sambori itu kalau bisa di tetapkan sebagai desa adat, bahkan harus dilindungi. Sehingga akan dijadikan pusat studi para pelajar SMA yang ada di Bima terutama wilayah Kae,” harap Mantan Guru SMAN 1 Woha itu.

            Usai melakukan observasi, para siswa akan mendiskusikan, menelaah sehingga menjadi sebuah laporan. “Kewajiban para siswa, hasil observasinya itu akan menjadi sebuah laporan,” Pungkas Andi Azis. (Ris) - 01

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru