Pesantren di Pulau Bajo

Pulau Bajo-Manggalewa. Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa yang kedatangannya pun akan disambut dengan istimewa. Begitu pun yang dilakukan oleh masyarakat pulau Bajo dalam melakukan penyambutan dan mengisi bulan ramadhan. Lokasi tinggal yang boleh dibilang ekstrim, pulau (nisa) yang dikelilingi laut bukan menjadi penghalang bagi masyarakat untuk beraktivitas dan berkarya. Menjadi agenda rutin tahunan kegiatan ramadhan yang diinisiasi oleh pemuda-pemudi pulau Bajo dalam memeriahkan bulan ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat.

Kegiatan pesantren ramadhan yang diketuai oleh Abdul Rahim, pemuda sekaligus guru agama di Sekolah Dasar SDN 05 Manggalewa ini mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar pulau terlebih tokoh masyarakat dan pejabat setempat. Adapun kegiatan yang mengusung tema “Ramadhan ceria, saatnya berkarya” meliputi perlombaan yang sasarannya adalah anak-anak mulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Sekolah Dasar, hingga jenjang Sekolah Menengah Pertama. Lomba yang diadakan bervariasi, mulai dari lomba adzan, menghafal surat-surat pendek, cerdas cermat hingga lomba fashion show yang khusus diperuntukkan anak usia rendah. Tahun ini tidak ada safari ramadhan, kegiatan dipusatkan di kampung baru, dusun Bajo Baru. Namun sasaran kegiatan tetap seluruh anak se-Pulau Bajo, dusun Pulau Bajo dan dusun Bajo Baru Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa - Dompu

Ariyanto, sekretaris kegiatan pesantren ramadhan menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini tidak semata-mata untuk memeriahkan bulan ramadhan yang datangnya setahun sekali. Namun lebih dari itu, diharapkan anak-anak dapat mengenali dirinya, melejitkan potensinya dan makna mendalam untuk mendekatkan anak-anak pada nuansa ramadhan yang religius. Mengikat makna dalam setiap peristiwa. Rangkaian acara berlangsung selama sepekan, tanggal 07 – 12 Juli 2014 di masjid kampung baru. Lomba adzan dilakukan pada hari Senin sekaligus pembukaan acara yang dihadiri oleh tokoh masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, kepanitiaan acara membuat tim khusus yakni tim pencarian dana untuk menggalang dana ke instansi pemerintahan demi mensukseskan kegiatan.

Partisipasi masyarakat dan antusias anak-anak mengikuti kegiatan pesantren ramadhan membuat masjid di kampung baru tak pernah sepi. Anak-anak kampung tua dan kampung cawu datang berbondong-bondong setiap ba’da ashar ke kampung baru. Tidak hanya itu, kegiatan juga melibatkan guru bantu  Setia Rahmah Apriliani, S.Pd dari Sekolah Guru Indonesia (SGI), Dompet Dhuafa. Relawan pendidikan yang akan mengabdi di SDN 05 Manggalewa selama setahun.

Kegiatan Pesantren Ramadhan diakhiri dengan lomba cerdas cermat pada hari Sabtu sore, 12 Juli 2014. Pengumuman pemenang diinformasikan langsung ditempat. Dan untuk pemberian hadiah akan dilakukan sepekan setelah kegiatan berlangsung. []-1

PROFIL PENULIS

Nama : Setia Rahmah Apriliani, S.Pd

Pekerjaan : Guru Sekolah Guru Indonesia-Dompet Dhuafa

(Penempatan SDN 05 Manggalewa)

Email :

HP : /081212158852

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru