SMA Favorit di Bolo

KM-Bolo—Semakin banyak sekolah-sekolah menengah atas yang berkembang setiap tahunnya, ikut mempengaruhi menurunnya minat siswa atau wali murid untuk menyekolahkan anak mereka di tempat pendidikan dimaksud. Apalagi bila suatu sekolah dipimpin oleh seorang kasek yang tidak mampu memahami perkembangan zaman, maka sekolah tersebut dipastikan kurang dimintai siswa baru.

Beberapa faktor lain adalah kemampuan pihak sekolah menyediakan beberapa fasilitas pendukung, seperti alat musik, ruang lab komputer maupun kebutuhan lainnya yang menjadi dayat tarik siswa untuk masuk di sekolah tersebut.

Data jumlah siswa tahun ajaran baru 2014 di SMN 1 Bolo misalnya. Dari 352 siswa yang telah mendaftar, namun sekolah hanya menerima 307 siswa saja. Dibanding tahun 2013 silam, penerimaan siswa baru saat itu hanya 289 orang. Artinya, minat orang tua murid/siswa masuk ke SMAN 1 Bolo meningkat.

Sedangkan di MAN 3 Bima—tahun ajaran baru 2014 ini, sekolah berasas agama Islam tersebut menerima sebanyak 339 siswa dari 387 orang yang telah mendaftar sebelumnya. Angka tersebut sedikit menurun dibanding tahun 2013 sebanyak 358 siswa dari jumlah yang mendaftar 374 orang.

Lain halnya minat masyarakat yang menyekolahkan anak mereka di SMAN 2 Bolo, menurun. Diketahui, jumlah siswa baru yang mendaftar di sekolah tersebut, kurang dari 100 orang. Namun informasi ini, belum dapat di konfirmasi kebenarannya. “Jumlah siswa di sekolah itu memang dibawa 100 orang pak,” ujar salah satu guru di MAN 3 Bima.

Catatan MN dalam beberapa tahun terakhir, SMA sederajat di kecamatan Bolo dan Madapangga yang banyak penerimaan siswa baru yaitu MAN 3 Bima dan SMAN 1 Bolo. Sekolah tersebut menjadi favorit menyusul tingginya animo masyarakat yang datang mendaftar untuk menyekolahkan anak-anak mereka.(adi) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru