Belajar sambil Wisata

Pesiar atau wisata merupakan kegiatan yang menyenangkan. Demikian yang dilakukan oleh siswa yang berada di kelas  akhir, mereka melakukan perpisahan dengan pesiar atau rekreasi. Tujuan rekreasi ke berbagai tujuan, paling banyak ke lokasi wisata yang ada di pantai.

Minggu (1/6) yang lalu. Portal diajak ikut serta oleh SDN 42 Ampenan untuk berekreasi. Tujuan rekrasi kali ini cukup bagus yaitu pantai An yang ada di sebelah selatan pulau Lombok. Selama perjalaan saya mencoba menjadi pemandu wisata terhadap siswa-siswi kelas enam. Menjelaskan daerah yang dilewati dengan, karena masih banyak siswa yang belum pernah berkunjung ke daerah yang dituju.

Yang menarik dari perjalanan ini, siswa disamping berlibur, mereka juga diajak ke objek wisata budaya ke Sade. Disana mereka di perkenalkan dengan rumah adat sasak dan berbagai kegiatan masyarakat dan sovenir yang dijual, seperti gelang, manik-manik yang murah. Berbagai pertanyaan dilontarkan siswa, seperti bagaimana alas rumah yang dilumuri kotoran sapi tapi bersih, namun sayang proses tersebut tidak dapat disaksikan.

Setelah puas di rumah adat Sade, perjalanan dilanjutkan ke Bandara Internasional Lombok (BIL). Menurut Titik Ratnawati sebagai guru pembimbing, saya sengaja mengajak anak-anak untuk mengetahui objek wisata dan untuk menambah pengetahuan mereka tentang budaya lombok dan sekarang ke BIL untuk mengenal lebih jauh keberadaan Bandara Internasional. Ibu Titik mengajak siswa mengitari bandara sambil menjelaskan proses keberangkatan penumpang dan kedatangannya.

Lebiran ini terasa melelahkan, namun memusakan. Hendra salah satu siswa yang sebelumnya hanya mendengar informasi tentang pantai An, Sade, dan BIL, sekarang sudah tahu keberadaan lokasi tersebut. Saya senang dengan perjalanan liburan ini, perpisahan yang sangat berkesan bagi saya dan teman-teman, dan terima kasih banyak kepada bapak dan ibu guru selama saya di sekolah ini, lanjutnya. [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru