Kelulusan SMA Kabupaten Bima Peringkat ke Dua Provinsi

Kelulusan Siswa SMA  tahun 2014 di  Kabupaten Bima menduduki peringkat ke 2   tingkat Provinsi NTB. Demikian pengakuan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah Dinas Dikpora Kab. Bima, Amiruddin, S. Pd. M. Si.

Dijelaskannya tahun ajaran 2013-2014 sekarang, peserta Ujian Nasional (UN) SMA/MA sebanyak 6.340 orang. Yang lulus sebanyak 6.317 orang. Sedangkan siswa tidak lulus ada 23 orang. Presentase kelulusan untuk SMA/MA tahun ini sebesar  99.64  persen.

Sedangkan  siswa SMK dengan jumlah peserta UN sebanyak 850 orang, hanya satu orang yang tidak lulus. 849 siswa lainnya dinyatakan lulus terbaik dengan persentase kelulusan mencapai 99.88 persen dan berada di peringkat ketiga di provinsi.

“Nilai tertinggi yang berhasil ditorehkan para siswa SMA rata-rata 9. Untuk siswa SMA mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai tertinggi 9.10. Matematika nilai tertinggi 9.20, sedangkan bahasa Inggris yang sedikit menurun, yakni 8.50,” ujar Amirudin.

Sementara untuk SMK, lanjut Mantan Kasek SMPN 3 Woha itu, masih dengan perolehan tertinggi di siswa SMA. “Hanya beda sedikit nilai kelulusan siswa antara SMA dan SMK.  Mata pelajaran matematika untuk SMK sedikit naik dengan nilai tertinggi 9.70,” terang Amirudin.

Atas prestasi itu, maka Kepala  Dinas Dikpora Kabupaten Bima, lewat Amiruddin menyampaikan apresiasi atas prestasi tersebut. “Prestasi ini merupakan buah kerja keras semua pihak yang terus mendukung kurikulum baru,” ucapnya.

Kabid juga menyampaikan terima kasih khusus kepada kepala sekolah dan guru pembimbing. Kata dia, prestasi yang dicapai sekarang ini, bisa dijadikan sebagai upaya untuk memotivasi para siswa pada UN tahun depan. “Harapannya, agar para siswa yang akan mengikuti UN tahun depan bisa mengikuti jejak peserta UN tahun ini,” pungkasnya. [Ris]

( 05)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru