GERAKAN MEMBACA SATU MINGGU SATU BUKU

Taman Baca Masyarakat Deniass ( TBM Deniass ), merupakan salah satu dari sekian banyak TBM yang berada di lombok tengah tepatnya berada di dusun selakalas Des. Sepakek kecamatan pringgarata. Sejak berdirinya TBM ini telah ikut berpartisipasi secara aktif dalam membantu program pemerintah dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Berikut ini adalah salah satu dari sekian banyak program yang tengah diselenggarakan oleh TBM Deniass diawal tahu 2014 yaitu : GERAKAN MEMBACA SATU MINGGU SATU BUKU" . Program ini merupakan program unggulan yang disuguhkan oleh TBM Denias diawal tahun 2014 untuk masyarakat khususnya masyarakat desa sepakek.

Munculnya ide kreatif ini karena terinsfirasi oleh keberagaman keadaan masyarakat yang ada didesa sepakek.Secara garis besar, hampir 75 persen penduduk yang berdomisili didesa sepakek berprofesi sebagai petani dan sisanya adalah para buruh, pengusaha, dan sedikit sekali yang berprofesi sebagai PNS atau notabennenya dikenal sebagai pegawi pemerintah. Inilah yang menjadi pintu masuk untuk mensosialisasikan atau memperkenalkan Program Gerakan Membaca Satu Minggu Satu Buku kepada semua elemen masyarakat didesa Sepakek.

Dengan bermodalkan ketekunan , keberanian dan keuletan serta tersedianya buku-buku yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, para pengelola TBM Deniass rela meluangkan waktunya  untuk hanya sekedar meminjamkan buku-buku kepada masyarakat. Kelompok-kelompok zikir, yasinan, kube, tani dan ternak, kelompok pemuda dan sebagainya menjadi objek utama pengelola TBM Deniass dalam memperkenalkan atau mensosialisasikan program tersebut.

Dalam menjalankan program Gerakan Membaca Satu Minggu Satu Buku para pembaca diberikan kesempatan untuk membaca satu buku dalam satu minggu. Setelah satu buku selesai dibaca, maka buku tersebut dipinjamkan kepada pembaca yang lain yang belum membacanya. Alhasil, disetiap 20 buku yang disebarkan rata-rata habis terbaca oleh 20 orang pembaca secara merata dalam setiap bulanya. Bahkan sebagaian dari masyarakat didusun selakalas sudah mulai merasakan mamfaat membaca.

Irwan Sopian, adalah salah satu dari warga pembaca yang kini merasakan mamfaat dari membaca secara langsusng. Berkat membaca sebuah buku tentang ternak ikan lele dengan terpal, dia sudah mulai mempraktikkan ilmu yang didapat melalui membaca itu dengan membuat kolam terpal didekat rumahnya. Sekarang bagi dia Membaca adalah sebuah kebutuhannya. Begitu juga dengan Warne, berkat membaca buku budidaya tanaman hias kini dia bisa membuka usaha tanaman hias.Inilah yang menjadi tujuan utama gerakan Membaca ini. Diharapkan tidak hanya Sosok Irwan dan Warne saja yang merasakan mamfaatnya membaca melainkan semua elemen masyarakat. Karena melalui membaca ini segala macam informasi yang dibutuhkan akan bisa diperoleh.

selakalas-Loteng

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru