Takjub Pada Donggo

(KM.Sarangge) Keindahan panorama alam Bima dari puncak Donggo cukup memesona. Dari dusun Sangari mata menyapu seluruh pesona teluk Bima dan kota Bima di sebelah timurnya. Rasa takjub akan keindahan ciptaan Sang Khalik pun terurai dari bibir anak-anak Sekolah Alam Indonesia yang menjelajahi dusun Sangari, tepatnya di Situs Uma Leme Donggo pada jumat pagi (9/5). Siswa-siswa kreatif yang belajar bersama alam ini cukup antusias mendengarkan pemaparan dan cerita dari Sekretaris Desa Mbawa yang menemani perjalanan mereka menyusuri jalan-jalan setapak di kompleks Uma Leme itu.

Yusuf, salah seorang siswa asal Bima mengemukakan, orang tuanya hanya bercerita tentang Donggo dan tradisinya, tapi ia belum pernah melihat Donggo. " Saya bersyukur bisa mengunjungi Donggo. " Urai Yusuf di celahcelah kunjungan tersebut. Di kompleks Uma Ncuhi itu Siswa Sekolah Alam Indonesia melakukan observasi budaya sekaligus bhakti Sosial memberishkan kampung bersama warga sekitar. Disamping itu, mereka juga mengajukan berbagai pertanyaan tentang Donggo kepada tokoh masyarakat setempat.

Sebanyak 50 orang siswa dan guru sekolah alam indonesia melakukan kunjungan ke Bima,Dompu, sumbawa dan lombok. Tema kunjungan mereka adalah Young Explorer Jelajah Negeri Para Raja Nusa Tenggara. selama di Bima mereka mengunjungi sejumlah obyek wisata Budaya seperti Museum Asi Mbojo, Masjid Kesultanan Bima, Museum Samparaja dan Donggo. (*alan) - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru