10.070 Siswa SMP Ikut UN

Edo Salaja Kampo - Sebanyak 10.070 siswa SMP/MTs se Kabupaten Bima, akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada Senin (5/5). Ujian yang diikuti oleh 158 SMP/MTs ini direncanakan akan berlangsung selama 4 hari kedepan.

Dalam sehari, para siswa akan mengikuti satu mata ujian. Untuk hari pertama, akan diisi ujian Bahasa Indonesia, hari kedua, Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan terakhir, ujian IPA. Selain siswa SMP/MTs, sejumlah siswa paket B dan SLB juga akan mengisi ujian hari ini. 

Kabid Dikmen Dikpora Kabupaten Bima, Drs. Amiruddin menuturkan, pihaknya sudah membagi Sub rayon di tiap-tiap kecamatan termasuk sub rayon SLB dan paket B. “Dari 158 SMP/MTs itu, kita bagi menjadi 18 sub rayon ditambah satu sub rayon untuk SLB,” ujarnya.

Dikatakannya, para siswa yang belum bisa mengikuti UN pada jadwal yang ditentukan, bisa mengikuti UN susulan. “Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini para siswa juga bisa mengikuti ujian susulan pada 12 hingga 16 Mei mendatang,” papar Kabid.

Menurut dia, tahun lalu siswa SMP/MTs hanya mampu tembus 99 persen kelulusan. Tahun ini, Amiruddin optimis para siswa mampu lulus 100 persen. Hal itu ditegaskan, mengingat persiapan sekolah yang sudah maksimal.

Dari hasil try out beberapa waktu lalu, ia optimis sejumlah siswa mampu menyelesaikan soal saat UN nanti. Selain itu, dia percaya para siswa bisa meraih nilai terbaik. Diakui, kemampuan siswa semakin meningkat menjelang UN ini. Itu terbukti dari hasil uji coba yang dilaksanakan oleh sekolah. 

“Persiapan para siswa ini sudah lama dilakukan oleh masing-masing sekolah dan menunjukkan adanya peningkatan terutama dalam mengisi soal. Hasilnya cukup mengembirakan, semoga bisa diterapkan pada UN ini,” imbuhnya.

Dia berharap, tahun ini sejumlah siswa bisa lulus semua. Disamping itu, orang tua juga diimbau memberikan do’a kepada anaknya agar bisa mengikuti UN tanpa hambatan. “Minimal target kita untuk kelulusan siswa bisa tembus seperti tahun lalu. Syukurlah kalau mampu lulus 100 persen,” pungkasnya. (SK. Edo) - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru