Ujian Paket C di Batulayar

Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA sederajat. Sebagaimana biasa, kendala yang sering ditemukan dalam pelaksanaan ujian ini terkait masalah teknis; keterlambatan soal, jumlah soal yang kurang, soal yang kurang jelas, dan kendala juga berasal dari peserta berupa ketidakhadiran yang disebabkan oleh faktor x. Meskipun demikian ujian pada tahun ini tetap berjalan sukses.

Sering dengan perjalanan Ujian Nasional untuk tingkat SMA sederajat yang sering menjadi fokus perhatian untuk mendapatkan Ijazah, Ujian untuk mendapatkan Ijazah juga bisa ditempuh melalui Paket C yang setara dengan Ijazah SMA. Pelaksanaan Ujian Paket C juga dilaksanakan di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah Desa Sandik, Kecamatan Batulayar sebagai lokasi. Terhitung sebanyak 28 (dua puluh delapan) peserta yang mengikuti ujian untuk mendapatkan Ijazah Paket C. Hari kedua pelaksanaan ujian di Ponpes ini, 5 orang peserta tidak mengikuti ujian. Panitia pun belum mendapatkan keterangan yang jelas dari 5 peserta yang tidak hadir. Formasi yang mengisi Ujian Paket ini berlatar belakang; tidak mencapai jenjang SMA, putus sekolah, dan kekurangan biaya untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.  

Pelaksanaan Ujian Paket C ini tidak hanya berasal dari Kecamatan Batulayar melainkan Gerung, Gunungsari bahkan dari ada yang berasal dari Kota Mataram. Kemarin ada pengawas yang datang dari Jakarat, Pengawas Independen lain hari ini datang dari Universitas Mataram (UNRAM), begitu urai Syamsul Hidayat selaku Panitia Penyelenggara. Terkait dengan kelulusan, Syamsul menjawab InsyaAllah semua lulus asalkan mereka menjawab soal ujian, lanjut Syamsul.  

Ujian Paket C di Ponpes Madrasatul Qur’aniyah ini terbagi menjadi dua kelas dan damping oleh dua orang pengawas untuk masing-masing ruangan. Ujian diagendakan selama tiga hari mulai pukul 10 Wita sampai selesai. Harapan kita, tidak hanya lulus dan mendapatkan Ijazah formal yang akan menjadi prioritas utama bagi para peserta melainkan lulus dengan nilai yang baik, mendapatkan Ijazah serta mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Semoga.. (03)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru