Try Out UN SMAN 1 Kobi

KM LENGGE WAWO,-  Sebanyak 326 siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN 1) Kota Bima, mengikuti try out Ujian Nasional (UN) bersama sebagai hasil Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tahap pertama tingkat SMA/SMK/MA dan SMP/MTs Kota Bima. Try out yang berlangsung Pebruari itu dilaksanakan secara serentak di sekolah masing-masing.

Kepala SMAN 1 Kota Bima, Drs Safruddin, mengatakan, pelaksanaan try out UN hampir sama pelaksanaan UN itu sendiri karena materi soal mengacu pada standar kelulusan UN tahun 2014 atau sesuai Prosedur Operasi Standar (Pos). Namun, menggunakan 15 ruangan, sedangkan UN sekitar 20 ruangan, sehingga masing-masing kelas jumlah peserta berfariasi sekitar 20 hingga 22  siswa, sedangkan UN maksimal 20 peserta setiap ruangan. “Pada pelaksanaan try out ini siswa tidak boleh diliburkan karena itu disesuaikan dengan jumlah ruangan yang terlowong,” ujarnya.

Kenapa try out itu penting bagi siswa? Kata Safruddin, rencana try out selama tiga tahap, tujuannya  untuk mengukur sejauhmana kemampauan siswa dalam memahami atau daya serap terhadap materi pelajaran yang diterima selama kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan selama tiga  tahun di sekolah ini. Pada try out ini bisa melihat hasilnya. Berapa siswa yang dinyatakan lulus pada try out tahap pertama sesuai standar kelulusan dengan nilai rata-rata mata pelajaran UN minimal 5,5 dan tidak boleh ada nilai masing-masing mata pelajaran 4,00.
“Kita akan melihat hasil akhir nanti. Kalau ada siswa yang nilainya belum sesuai standar kelulusan UN 2014, maka akan diberikan pembinaan tambahan dan guru membahas ulang soal-soal yang diberikan,” katanya.

Untuk meningkatkan pencapaian itu, kata dia, akan dilakukan try out tahap kedua yang akan digelar akhir Pebruari nanti dan try out tahap ketiga sekitar bulan Maret nanti. Semua itu sebagai ikhtiar agar siswa bias lulus semua sesuai standar yang ditentukan. Selama ini SMAN 1 Kota Bima termasuk kategori yang tinggi rata-rata minimal lebih dari tujuh, sedangkan standar tertinggi untuk tiap mata pelajaran mencapai 9,5 hingga 9,7.
“Kita berharap UN tahun ini harus lebih baik lagi dan SMAN 1 Kota Bima memeroleh kelulusan seratus persen,” katanya.
kelas dengan  selama tiga hari. (AJI)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru