SMPN 1 Monta Dorong Kreativitas Siswa

Tenaga pendidik di SMPN 1 Monta terus mendorong kreatifitas para siswa dalam mewujudkan siswa yang berkarakter. Seperti halnya meningkatkan pelestarian lingkungan dan kemampuan siswa mengolah sampah organik dan non organik.

Menurut Kepala SMPN 1 Monta Dra. Arfida Roswati M.Pd, banyak karya siswa yang dihasilkan dari kreatifitasnya yang belum terpikirkan. Hal ini menjadi modal penting, karena di usia muda para siswa mempunyai ide-ide yang brilian. “Mereka dapat mengolah sampah non organik menjadi pernak pernik yang menarik. Hal ini yang memicu kita untuk terus mendorong siswa untuk berkretivitas,” ujarnya sambil menunjukkan hasil kreativitas para siswa.

Kata dia, para siswa sudah mengerti cara menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Beberapa meja berisi hasil kretifitas siswa memang menarik perhatian. Selain menjadi ajang pameran hasil kreativitasnya, hasil karya yang dipajang pun rata-rata terkait upaya pelestarian lingkungan. “Seperti pengolahan limbah menjadi peralatan bantu sekolah yang diolah menjadi tempat pensil, tas, gantungan kunci, karpet dan sebagainya,” tambah Ida, sapaan akrab kasek.

Untuk itu, Ibu dua anak ini menekankan agar guru dan orangtua murid terus memantau para siswa. Terutama mengarahkan bakat dan potensi anak didik agar dapat mengembangkan kemampuannya. “Hasil kreativitas siswa ini merupakan pengembangan dari sekolah adiwiyata yang terus kita tingkatkan. Peranan guru dan orang tua siswa sangat membantu kelangsungan bakat siswa,” tukasnya.

Seperti diketahui sekolah setempat terus berupaya mewujudkan lingkungan yang bersih, hijau dan nyaman. Tujuannya, agar siswa dapat mengembangkan sekolah adiwiyata secara berkelanjutan. Dengan harapan, para siswa sadar akan pentingnya menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat. 

“Kebetulan sekolah kami merupakan salah satu sekolah adiwiyata. Sehingga kreativitas siswa terus kita kembangkan. Terutama dalam pengolahan dan mendaur ulang sampah-sampah menjadi barang yang dapat dimanfaatkan,” tutupnya. (SK.Edo) - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru