Rehab Gedung SMPN 3 Wawo Berjalan Sukses

KM LENGGEWAWO,-  Pelaksanaan proyek rehabilitasi empat local ruang kelas yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan tahun 2013 senilai, Rp. 180 juta, di SMPN 3 Tarlawi Kecamatan Wawo berjalan dengan sukses, bahkan kini sudah rampung seratus persen. Keempat ruangan yang diperbaharui tersebut, saat ini sudah dinikmati oleh puluhan siswa untuk melaksanakan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sehari hari.

Kepala SMPN 3 Kecamatan Wawo, Murtadin, S.Pd.Bio, ketika ditemui diruang kerjanya, mengatakan, mulai awal Nopember hingga akhir Desember 2013 lalu, pihaknya telah menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi sebanyak empat local ruang belajar siswa di sekolah yang dipimpinnya dengan baik dan lancar, sesuai RAB yang ditentukan.

Menurutnya, dalam melakukan perbaikan gedung sekolah yang bersumber dari DAK tersebut, pihaknya mengaku telah memperbaharui berbagai kondisi fisik sekolah yang mengalami kerusakan, terutama pada empat ruang kelas dimaksud, antara lain, melakukan pergantian bagian atap dengan seng multiruf, kayu kap, plavon, keramik, kosen jendela dan daun pintu, menambal sulam seluruh bagian tembok yang sudah retak. Termasuk mengganti semua meja kursi (Meubler) yang terdapat pada keempat ruang kelas tersebut, plus pengembangan rabat jalan masuk sekolah.

“Dalam mengerjakan proyek DAK di SMPN 3 Wawo ini, saya tidak mau mencari keuntungan semata, tapi mutu dan kualitas pekerjaan yang diutamakan. Ini semua saya lakukan demi peningkatan mutu pendidikan di Kecamatan Wawo dan diwilayah Kabupaten Bima pada umumnya,” ujar Murtadin. Alumni Universitas Mataram (Unram) tahun 1984 tersebut melanjutkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak pemerintah daerah Kabupaten Bima, yang telah memperhatikan sekaligus membantu memberikan suntikan dana untuk perbaikan sekolah, terutama SMPN 3 yang berlokasi disalah satu daerah terpencil wilayah Kecamatan Wawo. Tidak hanya itu, pihaknya bersyukur bahwa setelah adanya pembangunan rehab empat ruang kelas tersebut, gairah dan motivasi belajar mengajar para guru dan seluruh siswanya saat ini semakin meningkat. “Ini semua berkat didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, seperti ruang kelas sudah tampak bagus dan nyaman, tidak lagi kelihatan kumuh seperti yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini,” cetusnya.

Diakuinya, pihaknya sangat salut dan bangga melihat kemampuan para anak didiknya di SMPN 3 Wawo. Karena selain cerdas dalam memahami seluruh mata pelajaran, seperti IPA, IPS, Matematika dan lainnya, para siswa-siswi juga sangat pintar dan terampil melestarikan nilai-nilai budaya Bima, terutama dalam hal membuat benda untuk membersihkan beras (Doku). “Ini merupakan modal yang sangat berharga bagi masa depan para siswa untuk terjun dalam dunia bisnis, tidak hanya mengharapkan pegawai negeri (PNS),” akunya.

Murtadin yang juga mantan guru senior di SMPN 1 Wawo tersebut menambahkan, meski telah diberikan anggaran untuk perbaikan empat ruang kelas. Namun untuk kedepan, paling tidak dalam tahun 2014 ini, pihaknya sangat mengharapkan lagi bantuan dari pihak Pemkab Bima, agar bisa memberikan suntikan dana untuk pembangunan gedung perpustakaan. Karena selama ini SMPN 3 Wawo belum memiliki gedung perpustakaan tersendiri, seperti layaknya SMP dan SMA lainnya yang tersebar diwilayah Kecamatan Wawo. (YAR)           

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru