Hindari Kegiatan MOS Yang Tidak Mendidik


KM. Mesra Seteluk: Kegiatan masa orientasi siswa atau biasa disebut MOS merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah untuk menyambut kedatangan siswa baru sekaligus sebagai upaya pengenalan siswa baru terhadap lingkungan sekolah barunya. Umumnya kegiatan MOS dapat kita jumpai hampir di tiap sekolah mulai dari tingkat SMP dan SMA hingga perguruan tinggi yang biasa disebut OSPEK (Orientasi Studi Pengenalan Kampus). Tujuan utama kegiatan MOS sebenarnya adalah untuk memperereat tali persaudaraan dan perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, dan guru-guru pada sekolah itu. Namun, pada kenyataannya sebagian besar kegiatan mos di sekolah-sekolah seringkali diisi dengan perpeloncoan siswa baru dan kegiatan-kegiatan lain yang tidak mendidik.

Melihat kondisi itu, Mashuri S. E., MM sebagai Wakasek Humas SMKN 1 Seteluk  dan Kanahan selaku ketua panitia MOS menginstruksi anggota-anggota OSIS SMKN 1 seteluk untuk melaksanakan kegiatan MOS yang sudah dimulai tadi pagi (4/7/13) dengan cara yang edukatif dan menyenangkan dengan mengambil tema gerakan beramal, beribadah dan sosial (MOS Gaiso).

“Gerakan beramal disini maksudnya siswa hanya diminta untuk menyumbangkan Rp. 1000 dalam bentuk koin perhari selama 3 hari kegiatan MOS. Hasil sumbangan ini akan kita gunakan untuk berbagai kegiatan siswa nanti di mushollah. Selain itu, dalam kegiatan MOS 3 hari ini pula kita isi dengan kegiatan ibadah seperti imtaq dipagi hari dan shalat berjamaah di waktu zuhur. Sedangkan kegiatan sosialnya, siswa-siswa baru bersama seluruh anggota OSIS dan guru-guru SMKN 1 seteluk melakukan gotong royong membersihkan lingkungan sekolah agar terlihat indah dan bersih menyambut tahun pelajaran baru 2013/2014” terang Kanahan.

Selanjutnya Mashuri S. E., M. M. menambahkan bahwa dengan kegiatan MOS Gaiso diharapkan siswa-siswa SMKN 1 Seteluk akan memiliki karakter yang baik nantinya. Untuk menunjang pembentukan karakter yang baik itu, Mashuri sengaja mengundang anggota TNI Seteluk selama 3 hari MOS untuk memberikan pelatihan baris-berbaris (PBB) dan beberapa kegiatan lain yang berkaitan dengan pengenalan lingkungan sekolah. Selama PBB tersebut aparat TNI Seteluk melatih kedisiplinan, kepemimpinan, dan wawasan kebangsaan siswa. 

Di sela-sela PBB itu pula kegiatan MOS diisi juga dengan kegiatan lainnya seperti sosialisasi kesehatan lingkungan atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh tim dari Puskesmas Seteluk dan pengenalan aturan lalu lintas oleh Polri. Selanjutnya sesuai rencana, besok (5/7/13) kegiatan MOS akan diisi dengan imtaq, PBB, pengenalan bahaya narkoba oleh BNN, dan ditutup dengan shalat berjamaah. (HW_ Hendra Winata)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru