Antara Siswa Berprestasi dan Siswa Tidak Naik Kelas

KM. Mesra Seteluk: Sesuai dengan agenda yang telah disusun, Sabtu tanggal 22 Juni 2013 SMKN 1 Seteluk telah melakukan rapat dewan guru untuk menentukan kenaikan kelas siswa. Sebelumnya rapat sempat mendapat hambatan. Jadwal yang semula direncanakan rapat dimulai pukul 07.30 terpaksa diundur. Hal ini disebabkan oleh beberapa hadiah dan piagam untuk siswa-siswa teladan dan berprestasi semester genap ini belum dikemas. Akibatnya beberapa guru dan staf tata usaha pun kerepotan membungkus hadiah yang jumlahnya tak sedikit itu. Meskipun begitu, rapat kenaikan kelas oleh dewan guru akhirnya dapat dimulai sekitar pukul 12.00.
Rapat yang diarahkan oleh kepala SMKN 1 Seteluk, M. Tamrin S. Pd. dan Wakasek Kurikulum Helmy Wahyunadi, S. Pd. Itu sempat terjadi perdebatan antarguru mengenai syarat kenaikan kelas. Salah satu syarat diantaranya yang diperdebatkan adalah prensentase kehadiran siswa di kelas minimal 75% waktu efektif. Beberapa guru memberi saran untuk mengabaikan syarat tersebut namun beberapa guru yang lain menganggap tingkat kehadiran siswa sangat dipertimbangkan untuk menentukan siswa naik kelas atau tidak. Setelah beberapa pertimbangan dan masukan dari guru bimbingan konseling akhirnya tingkat kehadiran siswa pun dijadikan salah satu syarat kenaikan kelas ditambah dengan syarat-syarat kenaikan kelas yang telah disetujui pada tahun lalu. Berdasarkan syarat-syarat itu alhasil 3 orang siswa dinyatakan tidak naik kelas. Beberapa guru memang berat untuk memberi keputusan terhadap 3 siswa tadi. Tetapi sangat disayangkan 3 siswa tadi tidak dapat memenuhi semua syarat kenaikan kelas yang telah dibuat. Tak hanya itu, kasus-kasus yang pernah mereka alami selama berada di lingkungan SMKN 1 Seteluk pun menjadi alasan mereka tidak naik kelas. Selain membahas kenaikan kelas, pada rapat ini juga disertai dengan pembagian tugas guru semester ganjil tahun ajaran 2013/2014.  Pembagian tugas guru disesuaikan dengan beban tugas yang harus dipenuhi yaitu 24 jam mengajar dalam seminggu. 
Rapat kenaikan kelas yang selesai sekitar pukul 13.00 ini dilanjutkan dengan pengumuman dan pemberian piagam dan hadiah kepada siswa-siswa berprestasi yaitu juara I, II, dan III di kelasnya masing-masing. Selain juara kelas, piagam dan hadiah juga diberikan kepada siswa yang meraih juara umum I, II, dan III ditambah dengan siswa teladan putra dan putri. Sorak-sorai para siswa pun mewarnai acara pengumuman juara ini. Semoga dengan memberikan penghargaan dan piagam ini siswa-siswa berprestasi dapat mengukir prestasinya menjadi lebih baik lagi dan siswa yang belum mendapat juara kelas dapat termotivasi untuk terus belajar dan meraih juara. (HW_ Hendra Winata)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru