logoblog

Cari

Pilket MKKS SMP Lombok Tengah 2019

Pilket MKKS SMP Lombok Tengah 2019

Musyawwarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Lombok Tengah bulan ini dilaksanakan hari Kamis, 21 November 2019 di SMPN 3 Janapria. Kegiatan

Pendidikan

ZULKARNA
Oleh ZULKARNA
22 November, 2019 22:42:01
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 646 Kali

Musyawwarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Lombok Tengah bulan ini dilaksanakan hari Kamis, 21 November 2019 di SMPN 3 Janapria. Kegiatan MKKS kali merupakan kegiatan yang sangat istimewa karena pada momentum ini akan diselenggarakan Pemilihan ketua (Pilket) MKKS untuk periode 2019 - 2023.

Sebelum pemilihan dilaksanakan, acara musawwarah diawali dengan menyanyikan lagu wajib nasional kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua MKKS H. Mahrup, M.Pd. Di awal sambutan beliau, peserta rapat diingatkan untuk memasang spanduk peringatan PGRI ke 74 dan pada tanggal 25 November 2019 semua kepala sekolah menggunakan pakaian PGRI pada acara peringatan hari guru pada tanggal tersebut di atas.

Hal lain yang disampaikan adalah pada tahun ini masa bakti kepengurusan MKKS periode 2016 - 2019 sudah selesei sehingga perlu diadakan pemilihan kepengurusan yang baru. Seiring berahirnya masa kepengurusan, pada kesempatan ini pengurus MKKS diwakili oleh Bapak Ketua meminta maaf yang besar-besarnya apabila selama kepengurusan terjadi kekeliruan dan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja.

Acara selanjutnya adalah laporan pertanggungjawaban pengurus yang disampaikan oleh bendahara. Hal pertama yang disampaikan adalah mengenai sumber dana MKKS berasal dari satu sumber yaitu dari anggota MKKS. Mengenai aliran dana yang masuk, ada beberapa bulan MKKS tidak memungut iuran anggota karena terbentur dengan bulan puasa dan hari-hari libur.

Melihat data penerimaan iuran bulanan memang jumlah yang diterima tidak sama setiap tahun misalnya tahun 2017 dana yang dikumpulkan Rp. 34.575.000, pada tahun 2018 berjumlah Rp. 26.850.000 dan pada tahun 2019 berjumlah Rp. 21.610.000 sehingga selama pengurusan MKKS selama 3 tahun berjumlah Rp. 64.035.000. Jumlah ini balance dengan pengeluaran selama 3 tahun atau berahirnya masa kepengurusan MKKS atau saldonya 0 rupiah.

Sebelum menutup laporan ada beberapa tanggapan dan masukan dari peserta musawwirin diantaranya dari Bapak Ayun Kepala sekolah SMPN 2 Batukliang. Beliau berharap untuk laporan tertulis harus dibuat sesuai kaidah pembukuan keuangan kemudian masukan beliau berikutnya adalah membuat program-program yang lebih inovatif dalam rangka meningkatkan kinerja kepala sekolah sehingga akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan di Lombok Tengah khususnya.

Masukan lain disampaikan olek H. Bayan dan H. Rahman yang pada intinya pada perhitungan yang lebih akurat karena masih ada ketimpangan antara jumlah pemasukan dan pengeluaran kemudian diharapkan pelayanan pengurus kepada anggota perlu ditingkatkan.

Selanjutnya acara yang ditunggu-tunggu oleh peserta musawwirin adalah pemilihan pengurus MKKS yang baru. Sebelum proses pemilihan ditentukan pimpinan yang akan memimpin acara sidang pemilihan pengurus MKKS periode 2019-2022. AdKriteria pimpinan sidang dilihat dari umur yang tertua dan termuda.

Berdasarkan hasil analisis umur yang dilakukan peserta musawwirin maka yang menjadi pimpinan sidang adalah H.L Fadil, M.Pd kepala sekolah SMPN 6 Pujut untuk pimpinan yang tertua sedangkan untuk pimpinan sidang termuda yaitu Muhlis, S.Pd kepala sekolah SMPN 2 Praya Tengah.

Adapun tahap pertama pemilihan adalah pembacaan tatib terkait mekanisme pemilihan ketu MKKS baru yang dibacakan oleh pimpinan sidang. Tahapan selanjutnya adalah pembagian kartu suara, dimana pada kartu suara akan ditulis nama calon ketua MKKS sesuai pilihan hati nurani setiap anggota musawwirin.

Proses pemilihan ini berlangsung aman dan lancar walaupun ditahapan awal sedikit terjadi kericuhan terkait dengan boleh tidaknya kepala sekolah swasta ikut memilih, walaupun pada akhirnya kepala sekolah swasta tidak diperbolehkan memilih sesuai dengan AD/ART organisasi.

Proses pemilihan dilakukan sekitar 20 menit sesuai ketentuan dimana proses pemilihan diputuskan melalui voting yaitu one man-one vote. Kemudian tahapan selanjutnya surat suara yang sudah ditulis dengan nama calon ketua MKKS yang dipilih dimasukkan ke dalam kotak suara. Sebelum pada tahapan penghitungan suara dilakukan penghitungsn surat suara yang ada di dalam kotak untuk memastikan kesesuaian jumlah suara yang ada di kotak maupun jumlah pemilih yang hadir. Dari hasil penghitungan maka diperoleh 83 kartu suara dan sesuai dengan jumlah pemilih yang hadir.

Tahapan berikutnya yaitu penghitungan surat suara. Dari hasil penghitungan suara maka yang terpilih sebagai ketua adalah Musmuliadi, S.Pd kepala sekolah SMPN 11 Pujut dengan suara terbanyak sejumlah 48 suara, diikuti oleh H. Mahrup, M.Pd dengan jumlah suara 28 suara kemudian Majri, M.Pd dengan jumlah suara 6 suara, Drs. H. Yaltaki, M.Pd dengan 2 suara dan Drs. H. Hamzah dengan 1 suara. Pada penghujung proses pemiliham Ketua MKKS, ketua sidang diberi kesempatan untuk memberikan pidato kemenangan (Victory Speech)

Demikian hasil pemilihan ketua MKKS Lombok Tengah periode 2019-2022, semoga kepengurusan yang baru akan memiliki program yang lebih inovatif dan lebih terukur sehingga pada muaranya nanti akan terjadi kenaikan mutu pendidikan khususnya di lingkup kabupaten Lombok Tengah. (Zul).

 

Baca Juga :




 
ZULKARNA

ZULKARNA

Nama penulisnya adalah Zulkarna, S,Pd., MBA, HP. 087865194075

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan