logoblog

Cari

MTsN 1 Sumbawa Menggelar Simulasi Ujian Perdana

MTsN  1 Sumbawa Menggelar Simulasi Ujian Perdana

Sumbawa Besar_Hampir setiap tahunnya saat akan melaksanakan ujian akhir bagi kelas akhir madrasah atau sekolah menggelar simulasi ujian, termasuk didalamnya adalah

Pendidikan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
04 November, 2019 09:43:56
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 442 Kali

Sumbawa Besar_Hampir setiap tahunnya saat akan melaksanakan ujian akhir bagi kelas akhir madrasah atau sekolah menggelar simulasi ujian, termasuk didalamnya adalah MTsN 1 Sumbawa yang menggelar simulasi ujian pada Jum’at, 01/11/19 lalu.

Berhubung hampir setiap tahun pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer dan setiap tahun pula pesertanya berbeda, maka dipandang perlu untuk melaksanakan simulasi tersebut.

Simulasi yang dimaksud adalah untuk mengenalkan hal baru bagi calon peserta ujian, baik yang terkait dengan memulainya dengan menulis pasword dan kata sandi bagi masing-masing peserta, cara menjawab soal sampai keluar atau log out dari sistem. “Karena ujian ini memakai koneksi internet dan listrik yang cukup maka siswa diharapkan bekerja secara maksimal untuk mengantisipasi sewaktu-waktu ada masalah terkait dengan hal itu tentunya dalam rentang waktu yang sudah ditentukan” ungkap proktor Mahar Ismail.

Semua siswa sebagian besar sudah bisa mengoperasikan perangkat lunak atau komputer, memahami sistem-sistem yang ada pada perangkat tersebut juga sudah mereka fahami sendiri. Akan tetapi fokus kerja bukan sampai disana, melainkan mereka akan diarahkan menuju sistem yang sebelumnya siswa belum pernah menggunakannya dan belum pernah mengenalnya yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

 

Baca Juga :


Dalam pelaksanaannya, Ujian Berbasis Komputer berbeda dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Simulasi ujian tahap awal MTsN 1 Sumbawa Tahun Pelajaran 2019/2020 ini, diikuti oleh 171 orang calon peserta ujian yang dibagi kedalam tiga sesi. Sesi pertama, kedua dan ke tiga dibagi lagi menjadi dua ruangan sesuai server yang ada. Masing-Masing ruangan di isi oleh sekitar 27 sampai 28 peserta.

Adapun waktu yang digunakan adalah sesi pertama dimulai pukul. 07.30 Wita sampai 09.00 Wita, sesi ke dua dimulai pukul. 09.30 Wita sampai 11.00 Wita dan sesi terakhir dimulai pukul. 13.00 Wita sampai 14.30 Wita . Kamad MTsN 1 Sumbawa Sandi, S.Pd. MM sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena kegiatan itu sangat berarti bagi siswa dalam upaya mengambil pengalaman ujian dengan menggunakan komputer. “Terimakasih kepada semua yang telah mengambil peran dalam kegiatan simulasi ini, lebih khusus kepada teknisi dan proktor yang sudah berperan aktif sejak persiapan clean dan singkronisasi, terlebih lagi dalam memandu seluruh rangkaian yang terkait simulasi ujian tersebut. Diharapkan juga, seluruh siswa untuk mengingat dan memahami apa dan bagaimana dalam proses simulasi tersebut, agar nantinya bisa menyelesaikan tanpa ada kesulitan,” ungkap Kamad Sandi.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan