logoblog

Cari

Budaya Menghafal Al-quran Dalam Setiap Kegiatan Imtaq

Budaya Menghafal Al-quran Dalam Setiap Kegiatan Imtaq

Sumbawa Besar_Kegiatan Imtaq pagi MTsN 1 Sumbawa adalah suatu kegiatan yang mengakomodir berbagai kegiatan keagamaan dengan tujuan pembiasaan dalam menanamkan karakter

Pendidikan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
24 Oktober, 2019 05:43:12
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 663 Kali

Sumbawa Besar_Kegiatan Imtaq pagi MTsN 1 Sumbawa adalah suatu kegiatan yang mengakomodir berbagai kegiatan keagamaan dengan tujuan pembiasaan dalam menanamkan karakter atau nilai-nilai yang akan menjadikan siswa lebih dekat dengan ajaran kebenaran yang terdapat dalam ajaran Agama Islam. MTsN 1 Sumbawa adalah Madrasah dengan pelajaran agama yang tentunya harus bisa mengadopsi berbagai aktifitas keagamaan yang selaras dengan ajaran agama yang dianut.

Kegiatan keagamaan atau lebih sering disebut kegiatan imtaq pagi MTsN 1 Sumbawa yang berjalan selama ini, sudah mampu menggeser sikap yang sia-sia menjadi sikap yang positif.

Hampir setiap hari siswa di dampingi guru menjalani rutinitas pagi sebelum memulai KBM atau sebelum memasuki ruang belajar dengan tilawatil qur’an, pidato tiga bahasa, bersholawat, berdo’a, mengaji dan menghafal beberapa surah Al-Qur’an. Awalnya menghafal adalah kegiatan yang hanya ditujukan kepada siswa yang memiliki kemampuan khusus nya menghafal yang sering dipakai dalam kegiatan MTQ tingkat kecamatan atau provinsi saja, namun seiring berjalannya waktu menjadi sebuah keharusan bagi masing-masing kelas.

Jadwal kegiatan menghafal disesuaikan dengan jadwal kelas yang memandu kegiatan imtaq pada setiap harinya. “Kegiatan menghafal pada setiap harinya adalah bentuk pendidikan untuk kekuatan hafalan dan mental kepada siswa, karena maju untuk menghafal di hadapan orang banyak tidak semudah menghafal sendirian di rumah. Keinginan siswa untuk tampil di depan teman-temannya semakin hari semakin bersemangat, namun karena waktu imtaq yang terbatas, maka kami batasi setiap harinya dua sampai tiga orang” Ungkap pembina imtaq Ridha. Sementara itu Kamad MTsN 1 Sumbawa Sandi, S.Pd. MM mengapresiasi kegiatan menghafal Al-Quran tersebut.

 

Baca Juga :


“Pekerjaan mulia harus terus dilestarikan, sebab Al-Qur’an adalah Kalamullah yang menjadi pedoman umat Islam dan menghafalnya adalah suatu keistimewaan bagi dirinya dan untuk keluarga dan akan mendapat pahala yang besar bagi yang membaca dan menghafalnya” Terang Kamad Sandi.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan