logoblog

Cari

Mendekatkan Generasi Dengan Sejarah

Mendekatkan Generasi Dengan Sejarah

Gaung literasi di era milenial saat ini adalah momentum tepat untuk mendekatkan generasi dengan sejarah. Era industri 4.0 saat ini sangat

Pendidikan

alan malingi
Oleh alan malingi
20 Oktober, 2019 11:33:21
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 459 Kali

Gaung literasi di era milenial saat ini adalah momentum tepat untuk mendekatkan generasi dengan sejarah. Era industri 4.0 saat ini sangat memungkinkan berkembangnya kreatifitas dan inovasi pembelajaran dengan berbagai media dan metode. Salah satu upaya itu saya terapkan ketika kemah budaya dan literasi di Bajo Pulau 12-13 Oktober 2019 melalui lomba cerdas cermat Sejarah dan Budaya. Bank soal tentang sejarah dan budaya Bima disiapkan dan dibagikan kepada siswa seminggu sebelum kegiatan. Siswa dibagi dalam empat regu. Masing masing regu terdiri dari tiga orang. Ketentuan lomba sebagaimana ketentuan dalam lomba cerdas cermat pada umumnya.

Dari 60 soal yang disiapkan, lebih dari 40 soal dapat dijawab oleh anak anak SDN Inpres Pasir Putih Bajo Pulau. Hal ini menunjukkan bahwa daya serap anak anak terhadap soal soal sejarah Bima cukup tinggi.

Untuk merangsang dan meningkatkan minat baca memang tidak cukup hanya dengan membagikan buku dan bahan bacaan.Maka diperlukan upaya lain melalui beberapa lomba dan permainan atraktif.

Nah... bagi pegiat dan fasilitator literasi, ada baiknya mencoba mendekatan pemahaman sejarah melalalui lomba cerdas cermat, tentunya bukan hanya tentang sejarah Bima.

 

Baca Juga :


Salam Literasi,

Alan Malingi.



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan