logoblog

Cari

KEPAK Wadah Pembentuk Karakter Siswa

KEPAK Wadah Pembentuk Karakter Siswa

Pemerintah sedang serius dan fokus dalam pendidikan karakter yang akan diterapkan pada para peserta didik. Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Pendidikan

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
10 Oktober, 2019 16:02:04
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 4488 Kali

Pemerintah sedang serius dan fokus dalam pendidikan karakter yang diterapkan pada peserta didik. Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB menyelenggarakan Kemah Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kepramukaan  (KEPAK) yang di ikuti 80 Siswa SMA se-NTB, Rabu (9/10/2019) di Hotel Aruna Senggigi Lombok Barat.

Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB yang diwakili Sekretaris Drs. Sukran berpesan kepada duta pramuka yang mengikuti KEPAK, agar menjaga marwah  kepanduan pramuka." Kegiatan ini tentunya untuk menggodok kader-kader bangsa calon pemimpin masa depan," tutur Sekdis Dikbud ini.

Menurutnya, kegiatan yang baik seperti ini harus terus dilakukan sebagai kegiatan positif di dunia pendidikan dan dapat diketahui masyarakat luas di NTB bahkan dunia.

Ia menambahkan di era digitalisasi ini, teknologi informasi berkembang dengan pesat. Bahkan kegiatan Kepak ini, dalam beberapa jam saja lewat media sosial sudah tersebar di seluruh dunia. 

"Saat ini sangat sedikit hal-hal baik kita ekpose, terlalu banyak hal-hal yang membuat jiwa merana, ada orang korupsi, pencurian, pembunuhan, caci maki, fitnah itu yang paling banyak kita dengar di media sosial maupun berita di media elektronik," jelas Sukran.

Sehingga kesempatan kegiatan yang baik dan bernilai positif ini, kita kabarkan kepada masyakat dan dunia. "Saya instruksikan Kabid Pembinaan Kebudayaan Fairuz Abadi yang merupakan kepala kampung media untuk mengabarkan hal ini di media, website dinas dan kampung media, sehingga kabar baik ini diketahui halayak umum," perintahnya kepada Kabid pembina kebudayaan.

Di era media sosial ini, Sekdis juga mengingatkan kepada siswa agar melupakan dan mengurangi menggunakan Handphone sejenak, agar selama pelaksanaan KEPAK memanfaatkan untuk silaturahmi dan saling mengenal antara anggota pramuka di kabupaten/kota lain.

Sementar itu, Direktorat Pembina Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr. Juandanilsyah, SE., MA mengajak peserta Kepak yang terdiri dari siswa dan pembina pramuka untuk mengikuti pelatihan dengan serius. 

Karena menurut Juandanilsyah, kegiatan ini di ikuti oleh siswa yang telah diseleksi dan terpilih di kabupaten/kota masing-masing. "Anggota pramuka yang terpilih, menjadi duta bagi daerahnya, dan akan diseleksi lagi di kegiatan Kepak tingkat provinsi untuk mewakili NTB pada awal November 2019 mengikuti Kepak tingkat Nasional," jelas mantan guru dan kepala sekolah ini.

 

Baca Juga :


Kepramukaam ini muncul pada saat fenomena disekolah ada simbol pramuka namun marwahnya tidak dilakukan. Sehingga pemerintah melihat ada kemerotan kondisi moral siswa disekolah, sehingga terjadi hal yang negatif. "Di media sosial maupun tv kita melihat ada tawuran, perkelahian dan lainnya antar pelajar," tuturnya.

Sehingga, salahsatu upaya menumbuhkembangkan dan mengembalikan citra anak didik kita melalui kegiata pramuka dengan berbagai kegiatan lainnya seperti Kepak ini.

“Kegiatan ini adalah momentum bagi siswa untuk mendapatkan pelatihan, sehingga dapat menumbuhkan potensi-potensi keimanan, ketakwaan, kecerdasan, kepemimpinan, kedisiplinan dan kewarganegaraan,” jelas pejabat Kemendikbud ini.

Ia menyebutkan tujuan pelaksanaan KEPAK 2019 adalah menyiapkan siswa SMA  menjadi pelopor perubahan karakter bangsa melalui kepramukaan. "Mereka akan menjadi duta yang menyebarkan hal baik dan ilmu yang didapatkan pada kegiatan Kepak kepada teman dan lingkungan sekolahnya," harap Dr. Juandanilsyah.

Di akhir acara, Sekretaris Dinas Dikbud Provinsi NTB Drs. Sukran dan Dr. Juandanilsyah, SE., MA menyematkan tas ransel pramuka menandai dimulainya kegiatan Kemah Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kepramukaan (Kepak) yang di ikuti 80 Siswa SMA se-NTB, yang berlansung selama 3 hari, sejak Rabu tanggal 9-12 Oktober 2019 di Hotel Aruna Senggigi Lombok Barat. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan