logoblog

Cari

SMPN 3 Pekat Bebas Buta Al-qur’an dan Melek IT

SMPN 3 Pekat Bebas Buta Al-qur’an dan Melek IT

KM Bali 1, Pekat-Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 (SMPN 3) Pekat menjamin lulusannya bebas dari buta Al-Quran alias tidak mampu membaca

Pendidikan

KM. Bali 1
Oleh KM. Bali 1
09 Oktober, 2019 14:07:22
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 374 Kali

KM Bali 1, Pekat- Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 (SMPN 3) Pekat menjamin lulusannya bebas dari buta Al-Quran alias tidak mampu membaca Al-Quran. Pesan tersebut tegas disampaikan oleh Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 3 Pekat Muslim, S.Pd dalam sebuah wawancara eksklusif dengan wartawan Koran Kampung Media Dompu Rabu, (2/10) sore di Kediamannya di Dusun Doropeti Kecamatan Pekat baru-baru ini.

Jaminan ini tentunya tidak sembarang diberikan oleh Muslim sebagai pemimpin di Sekolah tersebut. Pasalnya, Muslim membuat sebuah terobosan baru dengan membentuk kegiatan ekstrakurikuler dengan belajar membaca al-Qur’an sebagai kegiatan intinya.

Program terobosan ini kata muslim sudah dilaksanakan selama stahun terakhir setelah melalui musyawarah bersama wali murid dan para anggota Komite. “awalnya kita mengundang Komite dan mebentuk musyawarah. Di musyawarah itu kita sampaikan kepada orang tua siswa agar supaya kegiatan ekstra yang akan kita jalankan ini, orang tua siswa tidak kaget ketika ada pertemuan sore untuk siswa guna belajar membaca al-Quran”, ungkapnya.

Program yang diberinama Pemeberantasan Buta Al-Quran ini ulas Muslim, berangkat dari problematika yang dialami oleh sekolah setempat. Menurutnya ada sekitar 80% siswa yang tidak mampu membaca al-Qur’an.

Namun setelah siswa mengikuti program berantas buta Al-Quran, yang dijalankan selama setahun belakangan ini, maka Siswa yang tidak mampu membaca Al-Quran hanya tinggal 20% saja. “setelah didata sekitar 80 sampai 90 persen tahun kemarin, rata-rata siswa itu belum faham al-Quran. Nah, setelah kita mencoba, Alhamdulillah, sekarang hanya tersisa 20 persen saja siswa yang belum lancar membaca al-Quran, tetapi program ini terus berkesinambungan, tetap kami lanjutkan”, ulasnya.

Dalam prosesnya, jelas Muslim, S.Pd, program ini dilaksanakan setiap hari Selasa dan Jum’at Sore hari setiap pekannya. Kegiatan ini sendiri juga dibina langsung oleh guru mata pelajaran agama di masing-masing kelas yang berjumlah 6 orang guru. Setiap tiga bulan sekali pihaknya melakukan evaluasi dengan terjun langsung bersama Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum untuk mendampingi langsung guru Pembina saat melakukan evaluasi tersebut. “setiap 3 bulan sekali kami evaluasi, kami sendiri turun langsung bersama wakasek kurikulum mendapingi guru Pembina melakukan evaluasi. Setelah itu dalam laporan kami centang mana yang sudah bisa dan mana yang masih belum bisa”, tutur Muslim, S.Pd sambil mengajak para wartawan meminum kopi asli Tambora yang disuguhkan di rumahnya itu.

 

Baca Juga :


Selain itu kata Muslim dirinya mewajibkan mengevaluasi kembali para lulusan dengan tes baca al-quran sebelum pengambilan Ijazah maupun SKHU. “rata-rata anak-anak itu sudah melalui tesnya dahulu baru bisa mengambil Ijazah”, ungkapnya.

Setelah dirasa berhasil memberantas Buta Al-Qur’an, SMPN 3 Pekat saat ini Kata Kepsek yang masih berusia relative muda ini, sedang memacu siswa untuk melek IT. Program ini mulai dijalankan setelah Sekolah tersebut mendapat bantuan sejumlah Unit perangkat IT seperti Laptop dan PC dari pemerintah pusat. “kami sudah rencanakan pada bulan Oktober ini akan menerapkan program baru yakni menjamin lulusan SMPN 3 Pekat sudah mampu mengoperasikan perangkat IT”, ungkapnya.

Program ini diterapkan sekolah menurut Muslim, untuk mengimbangi perkembangan Daerah terutama Kecamatan pekat sebagai kawasan Industri yang notabene menggunakan perangkat-perangkat IT. “ini kami terapkan kepada semua siswa sehingga nanti setika mau mendaftar ke sekolah selanjutnya, mereka sudah bisa mengoperasikan perasngkat IT”, tutupnya.[Oz]



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan