logoblog

Cari

BPBD Dan TSBK Menggelar Simulasi Terjadinya Gempa.

BPBD Dan TSBK Menggelar Simulasi Terjadinya Gempa.

Kim Oi Talaga , Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima dan Tim Siaga Bencana Kelurahan Ntobo (TSBK) Menggelar Simulasi penanganan bencana

Pendidikan

KIM Oi Talaga
Oleh KIM Oi Talaga
05 Oktober, 2019 13:13:45
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 4454 Kali

Kim Oi Talaga , Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima dan Tim Siaga Bencana Kelurahan Ntobo (TSBK) Menggelar Simulasi penanganan bencana di Sekolah Dasar Negeri (SDN 15) Ntobo Kota Bima Sabtu (5/10).

Sebanyak 189 siswa mengikuti kegiatan simulasi ini. BPBD membuat skenario penanganan bencana gempa bumi yang terjadi saat siswa sedang melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah, setelah terdengar suara sirine dari BPBD Praktis seluruh siswa dan guru kemudian lari berhamburan dari ruangan kelas, mereka kemudian berkumpul di halaman sekolah sambil membawa tas yang di letakkan di atas kepala mereka.

 

Terlihat anggota TSBK yang Melakukan evakuasi memberikan pertolongan pertama kepada korban yang patah tulang terjebak dalam kelas, korban kemudian di tandu dan dibawa keposko medis untuk mendapatkan penanganan.

Ketua TSBK Ntobo Ihsan,S.Pd. I mengatakan" tidak seorang pun bisa memprediksi kapan bencana melanda termasuk bencana gempa bumi dan sunami, datangnya bencana seringkali membuat panik meski hal ini cukup wajar, namun tidak bisa dipungkiri, justru kepanikan semacam ini kadang malah menimbulkan banyak korban jiwa.

"Ucapan terima kasih kepada bapak ibu guru terutama kepala sekolah SDN 15 yang telah memberikan waktu untuk kegiatan simulasi tentang penanganan bencana gempa di sekolah dan permohonan maaf karena sudah menganggu Kegiatan belajar mengajar berlangsung. Ucapnya

 

Baca Juga :


Foto kegiatan 

Darniati,S.pd salah satu guru SDN 15 Menuturkan "sangat mengapresiasi langkah dari BPBD kota Bima dan Anggota TSBK Ntobo yang telah melakukan simulasi ini sebagai langkah antisipasi dengan sistem siap untuk selamat.
Ia menambahkan"  ucapan Terimakasih  yang telah memberikan banyak ilmu tentang bagaimana cara mengatasi jika terjadi gempa sehingga kegiatan ini sukses dan terlaksana dengan baik, dimana anak-anak di ajarkan bagaimana mereka bisa melakukan evakuasi diri saat terjadi gempa. Ucapnya

Immawan muslimin, ST. MENG Anggota BPBD kota Bima dihadapan siswa menjelaskan " Bagaimana cara terbaik untuk menyelamatkan diri jika terjadi bencana gempa melanda. salah satu di antaranya menghindari benda atau bangunan yang berpotensi roboh dan jangan panik.
" jika ada di dalam ruangan kelas, maka cara paling tepat untuk menyelamatkan diri adalah dengan masuk dibawah kolom meja dengan memegang kaki meja dan bergegas keluar dengan membawa benda yang dirasa bisa melindungi diri seperti tas dan bantal untuk melindungi kepala dari reruntuhan bangunan bila bencana gempa melanda.
Arif



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan