logoblog

Cari

SMKN 1 Kilo Dompu Ganti Alat Penangkapan Ikan

SMKN 1 Kilo Dompu Ganti Alat Penangkapan Ikan

KM Bali 1, Kilo-Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kilo Kabupaten Dompu bagian sekolah yang mendapatkan bantuan Kapal Penangkapan Ikan Tahun

Pendidikan

KM. Bali 1
Oleh KM. Bali 1
22 September, 2019 19:47:37
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 1547 Kali

KM Bali 1, Kilo-Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kilo Kabupaten Dompu bagian sekolah yang mendapatkan bantuan Kapal Penangkapan Ikan Tahun 2019 ini. Kapal berukuran 34 Gross Tonage (GT) itu diberikan oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Melalui Dana Alokasi khusus (DAK) Tahun 2018 senilai 2,4 miliar.

Kapal tersebut sudah dilakukan tahap percobaan berlayar hingga difungsikan alat penangkapn ikan. Dalam percobaan itu, pihak sekolah mengungkapkan bahwa alat untuk penangkapan ikan berupa jaring tidak dapat difungsikan secara optimal karena tidak ada pemberatnya. “Kapal itu sudah kita fungsikan dua kali, sementara yang belum kita operasikan adalah jaring penangkapan ikan karena jaring yang datang bersama kapal itu tidak ada pemberatnya sehingga tidak nyampe ke dasar laut”. Ungkap Kepala Sekolah SMKN 1 Kilo A.Landa saat diwawancarai pada Kamis (12/9) lalu.

Menurutnya, Alat tersebut rencananya akan diganti dengan memasang kembali pemberatnya dijaring. “rencananya minggu depan kita ke SMKN 4 Kota Bima untuk meminta bantuan teman teman disana untuk membuat pemberat jaring”. Imbuhnya.

Sementara itu, kapal KM handayani 10 milik SMKN 1 Kilo tersebut saat ini belum difungsikan secara optimal karena terkendala dengan tenaga teknis dan alat operasional kapal. Namun pihak sekolah secepatnya akan optimalkan kapal bantuan tersebut dengan mengganti alat yang tidak bisa difungsikan. “kapal ini belum difungsikan secara optimal karena kendala  jaring yang belum dipasang talinya karena baru kemarin kita beli sekitar 7 juta rupiah”. Terangnya.

 

Baca Juga :


Dikatakannya, selain bantuan kapal pihak sekolah juga mendapatkan bantuan alat operasional untuk pengelolahan hasil penangkapan ikan. “kemarin ada bantuan alat untuk kompetensi keahlian pengelolahan hasil penangkapan ikan dari Provinsi melalui DAK sekitar 350 juta rupiah”. Pungkasnya.

Dia berharap kapal tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sarana proses pembelajaran siswa SMKN 1 Kilo dalam mengembangkan komptensi Keahlian pada masing masing bidang. “masing masing 10 orang siswa dilibatkan dalam satu kali operasi, sementara bidang kemaritiman dua kelas dan pengolahannya dua kelas, dengan demikian, kami berharap semoga ini berjalan dengan baik”. Harapnya. (AS).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan