logoblog

Cari

Inovasi Energi Terbarukan SMKN 1 Lingsar Ditinjau Direktur PSMK RI

 Inovasi Energi Terbarukan SMKN 1 Lingsar Ditinjau Direktur PSMK RI

SMKN 1 Lingsar Inovasi Energi Terbarukan Ditinjau Direktur PSMK RI Lingsar Lobar-Isyu planet bumi telah mendekati titik jenuh oleh ulah manusia

Pendidikan

Nanang Abdul Hamid
Oleh Nanang Abdul Hamid
21 September, 2019 09:42:55
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 2686 Kali

SMKN 1 Lingsar Inovasi Energi Terbarukan Ditinjau Direktur PSMK RI

Lingsar Lobar-Isyu planet bumi telah mendekati titik jenuh oleh ulah manusia menggugah para ilmuan dan tekhnokrat melakukan berbagai riset dalam upaya menaciptakan sumber sumber energi baru yang ramah lingkungan.
Sejumlah sekolah menengah kejuruan (SMK) juga turut dilibatkan untuk melakukan berbagai inovasi dalam penemuan Tekhnologi Energi Terbarukan.

11 SMK di NTB telah ditunjuk Dikbud NTB berkompetisi melakukan upaya yang sama yang salah satunya SMKN 1 Lingsar yang dinilai paling aktiv dan inovatif. 
SMKN 1 Lingsar Lombok Barat telah berhasil menyuguhkan energi Terbarukan dengan membuat rangkaian energi listrik tenaga kincir yang digerakkan oleh angin ,turbin air, dan tenaga surya. Tekhnologi ini selain juga dapat mengoperasikan mesin pencacah daur ulang sampah organik dan non organik (plastik).
Tekhnologi ini mendapat apresiasi Direktur Pembinaan SMK RI,  Dr.Ir.M.Bakrun.MM., dalam kunjungannya ke SMK 1 Lingsar yang didampingi Kabid SMK Dikbud NTB Drs.H.M Yahya,M.pd, yang disambut Kepala SMKN 1 Lingsar Drs.H.M.Burhan. M.pd., dan jajarannya dengan iringan keseniaan Gendang Belek SMKN 1 Lingsar dan pengalungan kain tenun khas sasak, Jum'at 20/9.
Direktur PSMK RI Kepala media mengatakan bahwa, Inovasi SMKN 1 Lingsar patut mendapat apresiasi dan dukungan semua pihak khususnya Gubernur NTB dengan upaya SMKN 1 Lingsar merangkai energi diperbarukan dengan energi daur ulang.
",Energi Terbarukan ini adalah energi masa depan, bagaimanapun juga kalau fosil pasti akan jenuh atau habis. Kalau ini adalah energi yang bisa di daur ulang. Inovasi yang telah dilakukan SMKN 1 Lingsar menurut saya sangat bagus. Dulu diinisiasi dengan beberapa SMK yang telah didukung fasilitas SDM, Praktikum, dan pendidikan Siswanya", jelasnya.
",Awalnya sangat sedikit anak anak yang tertarik dengan energi Terbarukan ini. Tetapi dari pusat secara terus menerus mengkampanyekan bahwa ke depan yang sangat dibutuhkan adalah energi Terbarukan ini. Untuk itu inovasi SMKN 1 Lingsar ini sangat saya apresiasi.Mudah mudahan ini bisa diterapkan di Sekolah mmmeskipun dimulai dari yang kecil. Mudah mudahan Pemprov. NTB juga ikut mengembangkan. Karena kalau kita sendiri tidak memulai menggunakan mustahil orang lain akan ikut menggunakannya", imbuhnya.
Sementara itu secara terpisah Kepala SMKN 1 Lingsar Drs.H.Burhan, M.Pd.,menjelaskan bahwa, kejuruan bidang Energi Terbarukan ini sudah lebih dari 3 tahun diterapkan dan kita memanfaatkan beberapa panel yang mangkrak dengan persetujuan instansi terkait.
",Waktu Pak Rosiyadi menjabat Sekda NTB pernah janji untuk menggunakan Tekhnologi ini di semua sekolah, dan kami sudah siapkan operator dan tekhnisinya. SMKN 1 Lingsar di 2020 akan menjadi satu satunya  SMK yang akan menggunakan energi tenaga surya dalam UNBK. Saat ini kami sudah dapat memproduksi 4000 Wat", ujarnya.(N3G)

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan