logoblog

Cari

Tradisi Bejango, Ziarah Ketika Pulang Berhaji

Tradisi Bejango, Ziarah Ketika Pulang Berhaji

Kebiasaanya masyarakat lombok tengah. Wabil khusus kampung desa kabul kecamatan praya barat daya kabupayen lombok tengah. Bejango atau biasa di sebutkan

Pendidikan

Tradisi Bejango, Ziarah Ketika Pulang Berhaji


muhammad yakub
Oleh muhammad yakub
04 September, 2019 19:51:57
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 969 Kali

Kebiasaanya masyarakat lombok tengah. Wabil khusus kampung desa kabul kecamatan praya barat daya kabupayen lombok tengah. Bejango atau biasa di sebutkan ziarah karena baru pulang dari tanah suci makah, melaksanakan panggilan atau undangan beribadah, sebagian masyarakat datang untuk mendengar dan bersilaturrahim. Adapun  kebiasaan yang sering mereka dapatkan adalah air zam zam karena mereka menganggap banyak manfaat dan barokah air zam zam itu sendiri.adapu supaya ada barokahnya itu ada doanya, dan berniat supaya dikabulkan apa yang menjadi hajatanya.

Doa Ketika Minum Air Zam-Zam Arab, Latin dan Artinya.

 

Air zam-zam itu mempunya beberapa hasiat sesuai dengan tujuan kita meminumnya, dalam hadits disebutkan :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ إِنْ شَرِبْتَهُ تَسْتَشْفِى بِهِ شَفَاكَ اللهُ وَإِنْ شَرِبْتَهُ لِشِبَعِكَ أَشْبَعَكَ اللهُ بِهِ وَإِنْ شَرِبْتَهُ لِقَطْعِ ظَمَئِكَ قَطَعَهُ وَهِىَ هَزْمَةُ جِبْرِيْلَ وَسُقْيَا اللهِ إِسْمَاعِيْلَ

Dari Ibnu Abbas ia berkata, Rasulullah saw bersabda : Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail. (H. R. Daruquthni no. 2772, Ahmad no. 15230 dan Ibnu Majah no. 3178)

 

Baca Juga :


Dan inilah doa ketika minum air zam-zam

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA ‘ILMAN NAAFI’AN WA RIZQON WAASI’AN WASYIFAA-AN MIN KULLI DAA-IN

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit. Akan lebih bermanfaat jika kita sampaikan ke orang lain.



 
muhammad yakub

muhammad yakub

Hidup sederhana di dunia fana, menjadi manusia banyak manfaat.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan