logoblog

Cari

Menangkal Rusaknya Generasi Melalui Penyuluhan Narkoba

Menangkal Rusaknya Generasi Melalui Penyuluhan Narkoba

Dalam upaya menjaga generasi dari perangkap narkoba di wilayah Polres Kab. Sumbawa khususnya di lembaga pendidikan. Kepolisian Resort Sumbawa yang di

Pendidikan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
26 Agustus, 2019 13:38:54
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 765 Kali

Dalam upaya menjaga generasi dari perangkap narkoba di wilayah Polres Kab. Sumbawa khususnya di lembaga pendidikan. Kepolisian Resort Sumbawa yang di ketuai oleh KANIT BIMTIBMAS SAT BINMAS IPDA RUDY KRISNO WIBOWO didampingi oleh KANIT BINKAMSAT SAT BINMAS AIPTU WAYAN SUARDIKA DAN BRIPDA M. DAYYIN AFRIAN menyisir beberapa lembaga pendidikan yang ada di sekitar Sumbawa, guna memberikan pengetahuan sebagai perisai dalam menangkal efek negatif dari barang terlarang narkoba, kenakalan remaja dan tata-cara berlalu lintas. Penyuluhan narkoba yang di gelar oleh Kepolisian adalah dilandasi oleh petunjuk yang terdapat pada Undang-Undang RI No.2 tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tetang Narkoba.

Dengan dasar itulah Kepolisian khususnya di kabupaten Sumbawa melakukan penyuluhan kepada masyarakat pada umumnya dan lembaga pendidikan sebagai tempat pembinaan generasi penerus bangsa.

Dalam kesempatan tersebut Aiptu Wayan Suardika menjelaskan bahwa tujuan penyuluhan narkoba di lembaga pendidikan khususnya MTsN 1 Sumbawa adalah untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini dimana kian meningkat maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut yang dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf, sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih.

Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan.Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja berkisar umur 11 sampai 24 tahun.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu-waktu dapat mengincar anak didik kapan saja. “Bukan saya tuduh adik-adik sebagian pengkonsumsi, tidak, namuni saya berbagi ilmu agar adik-adik bisa menjaga diri dari narkoba. “ pungkas Aiptu Suardika.

Dalam penyuluhan tersebut juga Aiptu Wayan Suardika mengajak siswa-siswi agar memelihara dan menjaga diri dari hal-hal yang terkait dengan rusaknya mental generasi sekaligus akan merusak kehidupan beragama dan bernegara. “Oleh karenanya, mari untuk adik-adik sekalian kita jaga nama baik pribadi, orang tua, lembaga dan masyarakat dengan tidak menjerumuskan diri dari hal-hal negatif, bukan hanya dengan mengkonsumsi narkoba, juga kita harus menjauhkan diri dari yang lainnya, seperti : menjaga pergaulan, tidak meminum-minuman beralkohol tinggi, tawuran, mencuri dan lain-lain.

Yang paling penting adalah kita harus menjalani keimanan kita lewat ritual keyakinan kita lewat agama kita masing-masing, kita perdalam pengetahuan keagamaan kita, kita juga harus menyibukkan dengan hal-hal positif lainnya, seperti olah raga, perkumpulan remaja masjid, diskusi dan lain-lain”.

 

Baca Juga :


Pada kesempatan yang sama, Aiptu Wayan Suardika juga menjelaskan tentang bagaimana awalnya terjadi kenakalan remaja “Kenakalan remaja berawal dari ketidakmauan dan mampu dalam mencari teman yang baik, kita hanya sekedar berteman, bukan sebagai penjamin kebaikan kita, siapapun mereka, kita tidak pernah memilih siapa yang seharusnya menjadi teman.

Oleh karenanya silahkan adik-adik mencari teman yang bisa membuat kita berhasil, masih banyak di sekitar kita teman yang baik untuk kita rangkul, sebab jika tidak demikian maka krisis rasa peduli tentang diri kita dan orang lain.

Jika demikian kenakalan remaja akan mengarah kepada tawuran pelajar, perkelahian antar anak kampung sebelah dengan kampung lainnya” ungkap Suardika. Selain mengenai narkoba dan kenakalan remaja, team penyuluh juga menyinggung bagaimana cara berlalu lintas yang sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku di negara kita.

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan