logoblog

Cari

Sholat Dhuhur Sebelum Pulang Sekolah

Sholat Dhuhur Sebelum Pulang Sekolah

Inmas MIN 1 Sumbawa_Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Sumbawa Lingkup Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa NTB yang berlokasi di Dusun

Pendidikan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
20 Agustus, 2019 13:42:31
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 663 Kali

Inmas MIN 1 Sumbawa_Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Sumbawa Lingkup Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa NTB yang berlokasi di Dusun Bekat Desa Poto Kec.Moyo Hilir yang dipimpin oleh NURRAFIAH S.Pdi melaksanakan program yang telah dirancang sejak beliau diangkat menjadi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sumbawa Sejak bulan Januari 2015 (4 tahun/8 bulan ) dan bersama sama dengan para dewan guru yang telah mempersiapkan data dan seluruh guru ikut memperkuat program Kepala MIN 1 Sumbawa.

Program yang dilaksanakan adalah sebelum pulang sekolah atau meninggalkan Madrasah hendaknya anak anak didiknya melaksanakan sholat zhuhur berjamaah terlebih dahulu karena ini merupakan pembiasaan harus dilaksanakan oleh anak didik yang bercirikan agama khususnya Islam dan dapat menjadi contoh kepada sekolah maupun masyarakat . Ibadah shalat merupakan hal utama dalam Islam. Bahkan karena keutamaanya, shalat merupakan tiang agama.

Selain shalat farhdu (wajib) yang lima waktu, adapula shalat sunnah yang bisa diamalkan oleh setiap muslim. Manfaat shalat dzuhur,Alloh swt telah menciptakan suatu rahasia di balik perintah – perintah shalat dan waktu – waktu shalat di atur sedemikian rupa .

Inilah beberapa manfaat shalat dzuhur dari berbagai sumber hadist yang mendasarinya : 1. Shalat dzuhur adalah waktu dimana pintu langit sedang di buka, Dalam suatu hadist bahwa nabi Muhammad saw lebih suka melakukan amalan – amalan saleh pada waktu dzuhur dikarenakan saat waktu dzuhur yaitu waktu dimana saat pintu langit di buka . 2. Dikharamkan dari apai neraka jahannam, Suatu hadist menjelaskan ,bahwa rosulullah pernah menjelaskan bahwa shalat dzuhur adalah waktu dimana api neraka di nyalakan ,bagi orang yang menjalankan shalat dzuhur dikharamkan atas api neraka yang menyala – nyala pada waktu hari kiamat . 3. Manfaat shalat dzuhur dalam ilmu medis, Dalam pelaksanaannya shalat dzuhur di kerjakan pada waktu dimana aktivitas manusia sedang memuncak – muncaknya dan sedang merasa begitu lelah . Waktu dzuhur merupakan waktu yang tepat untuk relaksasi untuk mengurangi kelelahan serta kepenatan tersebut .

 

Baca Juga :


Dengan mengambil air wudhu pada saat shalat dzuhur juga dapat menjadikan tubuh kita rilex dan merasa lebih segar .Serta menjadikan semangat lagi dalam menjalankan semua aktifitas atau pekerjaan yang sebelumnya terasa membosankan dan membuat pusing kepala . Gerakan – gerakan sholat dzuhur juga dapat mengobati tubuh kita yang awalnya sedang merasa pegal akibat banyaknya pekerjaan yang di kerjakan langsung berubah menjadi semangat dan hilang semua rasa sakit pada persendian dan tubuh kita.

Pada saat kita beraktivitas dalam urusan duniawi hendaknya kita senantiasa ingat kepada Alloh swt yaitu dengan shalat tepat waktu .



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan