logoblog

Cari

Siswa MAn 2 Kota Bima Didaulat Jadi Danpok Pakibraka Nasional

Siswa MAn 2 Kota Bima Didaulat Jadi Danpok Pakibraka Nasional

Kota Bima, KM. Muhammad Adzan, siswa MAN 2 Kota Bima yang berhasil menjadi salah satu pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional

Pendidikan

Nurrosyidah Yusuf
Oleh Nurrosyidah Yusuf
19 Agustus, 2019 07:12:22
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 1513 Kali

Kota Bima, KM. Muhammad Adzan, siswa MAN 2 Kota Bima yang berhasil menjadi salah satu pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tahun 2019 didaulat menjadi Komandan Kelompok (Danpok) Pasukan 17 Tim Merah. Tim Merah bertugas saat pengibaran bendera saat Upacara Memperingati HUT ke-74 RI pada tanggal 17 Agustus 2019 di Istana Negara Jakarta.  

Paskibraka dibagi menjadi 2 (dua) tim tugas, yaitu: pasukan yang melakukan tugas pagi sebagai pengibar bendera disebut Tim Merah dan pasukan yang melakukan tugas sore sebagai pasukan penurunan bendera disebut Tim Putih. 

Formasi pengibaran bendera terbagi menjadi 3 (tiga) kelompok yang dinamai sesuai jumlah anggotanya, yaitu: Pasukan 17/Pengiring (Pemandu), Pasukan 8/Pembawa Bendera (inti), dan Pasukan 45/Pengawal. Jumlah tersebut merupakan simbol dari tanggal Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 (17 - 8 - 45).

Pasukan 17 berposisi di paling depan sebagai pemandu/pengiring dengan dipimpin oleh Komandan Kelompok (DanPok). Kelompok 17 seluruhnya merupakan anggota Paskibraka. 

Pasukan 8 berposisi di belakang kelompok 17 sebagai pasukan inti dan pembawa bendera. Di kelompok ini terdapat 4 anggota TNI atau Polri (di Tingkat Nasional terdapat anggota Paspampres) sebagai pengawal dan 1 putri Paskibraka sebagai pembawa bendera, 3 putra Paskibraka pengibar/penurun bendera, dan 3 putri Paskibraka di saf belakang sebagai pelengkap/pagar.   

Pasukan 45 berposisi di belakang Pasukan 8 sebagai pasukan pengawal/pengaman dan merupakan anggota dari TNI atau Polri dengan senjata lengkap. Untuk Tingkat Nasional, pasukan 45 terdiri dari anggota Paspamres.  

 

Baca Juga :


Pasukan yang melakukan pengibaran/penurunan bendera dipimpin oleh Komandan Pasukan (DanPas) yang posisinya di sebelah kanan Komandan Kelompok (DanPok) Pasukan 17. DanPas merupakan Perwira TNI atau Polri minimal berpangkat letnan atau inspektur hingga kapten atau ajun komisaris polisi (AKP).

Anggota Paskibraka Nasional terdiri dari 68 anggota dari 34 provinsi. Setiap provinsi diwakili oleh 2 orang, putra dan putri yang merupakan siswa terbaik dari setiap provinsi untuk mewakli provinsi yang bersangkutan menjadi Anggota Paskibraka Nasional.   

Adzan, panggilan akrabnya, satu dari 2 (dua) orang siswa yang berasal dari madrasah yang berhasil tembus menjadi Anggota Paskibraka Nasional Tahun 2019. Perwakilan dari Provinsi Kalimantan Tengah atas nama Zaini Fahmi adalah siswa MAN Barito Utama. Adzan memimpin Pasukan 17 atau yang mengarahkan apakah  hendak belok kanan atau pun belok kiri.  (NR)

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan