logoblog

Cari

Yaman Sultan Ke Jakarta,Wakili NTB Pada FL2N Untuk Baca Puisi.

Yaman Sultan Ke Jakarta,Wakili NTB Pada FL2N Untuk Baca Puisi.

Kimsekotongnews.com,-Keberhasilan Yaman Sultan Lulus pada seleksi Lomba Litearsi Tingkat Nasinoal Tahun 2019 mewakil Provinsi NTB, ternyata membawa kebanggaan bagi semua

Pendidikan

KIM SEKOTONG TENGAH
Oleh KIM SEKOTONG TENGAH
25 Juli, 2019 09:54:06
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 1326 Kali


Kimsekotongnews.com,-Keberhasilan Yaman Sultan Lulus pada seleksi Lomba Litearsi Tingkat Nasinoal Tahun 2019 mewakil Provinsi NTB, ternyata membawa kebanggaan bagi semua pihak.
Keberhasilan bocah kelas V SDN 12 Buwun Mas ini membuat semua pihak tercengang.Bagaimana tidak,Karena  Yaman Sultan tinggal jauh di pelosok terpencil Desa Buwun Mas.Bunut Kantor.
Bahkan  orang tua Yaman Sultan pun tidak tahu,kalau anaknya tersebut ternyata jago membaca puisi.
“Kebetulan orang tua maupun masyarakat Bunut kantor dimana tempatnya  tinggal, tidak ada yang tahu bahkan kurang peduli terhadap bakat apa yang dimiliki oleh anak-anak  mereka.Para orang tua  lebih peduli dimana kelak kalau  anak mereka sudah tamat dari sekolah dapat ijazah, bisa baca, lalu mereka terobsesi melihat anak-anak  mereka merantau ke luar negeri , untuk merubah perekonomian keluarga,”Tutur Muhamad Ashari,Salah seorang guru di SDN 12 Buwun Mas.
Lebih jauh, Ashari juga menuturkan,bahwa para siswa-siswi di SD tempatnya mengajar tersebut berasal dari keluarga kurang mampu.Tetapi berkat guru GGD ( Guru Garis Depan),yakni yang di tugaskan oleh negara khusus di daerah terpelosok dan terpencil. Melalui mereka,para  siswa  di SDN 12 Buwun Mas khususnya , mulai ada kemajuan.Banyak terlihat  potensi yang terpendam kemudian berhasil menjadi sebuah prestasi yang membanggakan.
“ Ada salah seorang siswa kami yg menonjol di bidang baca puisi, kemudian teman mengajar kami ,I Putu Sudarma,berinisiatif mendaftarkan siswa tersebut secara  online untuk ikut FL2N di Jakarta Tahun 2019. Alhamdulillah, siswa kami atas nama Yaman Sultan lolos seleksi,”tulis Ashari melalui pesan singkatnya.
Hal senada juga di sampaikan oleh I Putu Sudarma.
“Kebetulan baru pertama kali sekolah mengikuti lomba seperti ini, maklum kendala akses jalan, belum lagi rumah siswa yang terpencil ,kadang menjadi penyebab telat masuk sekolah. Kemungkinan Tanggal 25 Juli 2019,Panitia akan menghubungi Yaman Sultan untuk berangkat ke Jakarta” kata Putu Sudarma, ketika dikonfirmasi.(dikutip dari Lombok Fokus.Com).
Lomba yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan peserta yang telah terseleksi masing-masing provinsi, untuk Lomba Cipta Pantun, Lomba Cipta Syair, Lomba Cipta Puisi, Lomba Menulis Cerita Pendek dan Lomba Mendongeng.
Sementara itu, Sultan bersama dengan Pairuz Jazila ,siswa SD 22 Praya Lombok Tengah  akan  mewakili Provinsi NTB  di Bidang Lomba Baca Puisi.
Berdasarkan informasi yang diterima dari Ashari,Rabu kemarin .Telah di lakuan acara pelepasan siswa siswi yang akan mengikuti Festival Lomba Literasi Nasional(FL2N)  di Jakarta.Acara pelepasan di lakukan oleh Kabid Dikdas Dikbud Kabupaten Lombok Barat,di Giri Menang.

“Kami selaku guru di SD 12 Buwun Mas,mengucapkan terima kasih  atas dukungan semua pihak. Termasuk Pemerintah Desa Buwun Mas yang sudah membantu siswa dari segi dana, anggota dewan Lombok Barat terpilih asal Desa Buwun Mas,H. Abdul Majid,yang sudah membantu kami untuk memviralkan Yaman Sultan, sehingga siswa kami banyak yang membantu terkait keberangkatannya ke Jakarta,”tulis Ashari lewat media sosialnya.
Ashari juga berdo’a semoga para siswa yang ikut lomba tersebut,meraih hasil terbaik yang dapat membanggakan keluarga,sekolah,desa dan Kabupaten Lombok Barat dan juga Provinsi NTB.
Sultan yang kesehariannya turun naik bukit ketika berangkat sekolah itu, tidak pernah menunjukkan bakat membaca puisi.Tetapi lewat tangan-tangan kreativ para guru GGD di SDN 12 Buwun Mas Kecamatan Sekotong Lombok Barat.Permata yang terpendam dapat di gosok hingga menjadi berkilau.Selamat berlomba Yaman Sultan,jangan lupa berdo’a dan berikan yang terbaik.(sid).

 

Baca Juga :




 
KIM SEKOTONG TENGAH

KIM SEKOTONG TENGAH

Kim ( Kelompok Informasi Masyarakat ) Desa Sekotong Tengah terbentuk sejak tahun 2017.Merupakan salah satu media untuk berbagi informasi yang di tulis oleh warga,dan untuk warga dan dari warga.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan