logoblog

Cari

Taman Baca Hijau di Bukit Kedaro

Taman Baca Hijau di Bukit Kedaro

Kimsekotongnews.com,-Taman Baca Hijau merupakan sebuah tempat bagi anak-anak Dusun Mertak Mas Desa Kedaro di ajarkan akrab dengan buku-buku bacaan. Terletak

Pendidikan

KIM SEKOTONG TENGAH
Oleh KIM SEKOTONG TENGAH
22 Juli, 2019 13:16:17
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 4879 Kali


Taman Baca Hijau merupakan sebuah tempat bagi anak-anak Dusun Mertak Mas Desa Kedaro diajarkan akrab dengan buku-buku bacaan. Terletak di daerah perbukitan terpencil,di ujung paling selatatan Desa Kedaro. Berjarak sekitar 20 kilo dari pusat Kecamatan Sekotong. Disini puluhan anak-anak usia sekolah dasar asyik dengan buku-buku bacaannya. Taman Baca Hijau mulai di buka pada akhir tahun 2018. 
Meski terletak di daerah terpencil dengan penduduk sekitar 50 Kepala Keluarga, tetapi tak mengurangi semangat anak-anak gunung tersebut untuk membaca dunia lewat buku.

“Mereka bermain dan membaca di Taman Baca Hijua pada waktu sore atau pada waktu liburan sekolah,” kata zulhamdi,sang penggagas taman baca hijau,saat menemani Kim Sekotong News meninjau lokasi taman baca.Sabtu (20/07/2019).

Akses jalan menuju tempat ini cukup ekstrim berupa jalan berbatu dan terjal. Untuk sampai ke lokasi ini dapat di tempuh melalui jalur kedaro tepat di persimpangan jalan Hotel Sundancer ke arah selatan. Selain itu juga bisa ditempuh melalui jalur telaga lebur sekotong tengah melewati dusun loang batu. Kurang lebih 1 kilometer dari jalan aspal kita akan melewati jalan tanah berbatu naik turun bukit. Dengan jarak tempuh sekitar 1 jam menggunakan sepeda motor.

Taman baca hijau terletak di sebuah lereng bukit dengan area persawahan dan perumahan warga di bawahnya. Nuansa hijau perbukitan akan terasa menyejukkan dengan semilir angin,semakin menambah kesunyian tempat ini.

Buku-buku di taruh di sebuah pondok kecil sederhana, beberapa deret meja dari kayu tertata rapi sebagai tempat anak-anak membaca. Terdapat juga beberapa gambar hasil karya anak-anak taman baca, serta pesan pesan tentang pentingnya membaca tertulis di berbagai tempat.

Sekitar 100 eksemplar buku bacaan  anak-anak yang terdiri dari buku-buku dongeng, komik,buku-buku keagamaan. Semua buku-buku tersebut merupakan hasil sumbangan dari para donatur yang peduli dengan gerakan taman baca hijau.

“Buku-buku ini hasil sumbangan dari Komunitas Kompas, Mahasiswa Unram, H.Abdul Majid, Komunitas Tangker,dll yang tidak dapat kami sebutkan satu demi satu,terima kasi atas suportnya,” lanjut Zulhamdi.

Selain kegiatan membaca,Taman Baca Hijau juga memilik program lain seperti kegiatan mewarnai,kursus Bahasa Inggris,Mengaji Al-Qur’an,juga penanaman tanaman obat dan sayuran. Area taman baca hijau memilki luas sekitar 100 meter persegi dan merupakan lahan pribadi dari Zulhamdi sang penggagas taman baca hijau.

 

Baca Juga :


“Ini lahan milik pribadi, dulunya bekas area bendungan yang dipergunakan sebagai lokasi taman baca,” ucap zul.
Dengan adanya taman baca hijau tentu berdampak terhadap pengembangan minat baca anak-anak pelosok, maka perhatian dan dukungan semua pihak tentu sangat di butuhkan.

“Kami butuh bangunan berugak/gazebo, buku-buku bacaan, ATK dan alat lukis, mengingat anak-anak taman baca hijau banyak yang memilik bakat menggambar,” ungkap Zulhamdi.

Gerakan Taman Baca Hijau telah memberikan sumbangsih terhadap pentingnya pengenalan literasi sejak dini terhadap anak-anak terpencil di perbukitan Desa Kedaro Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Keberadaannya menjadi obat penawar terhadap minimnya minat baca akibat anak-anak yang ketagihan game online yang kian melenakan. Maka di saat ada upaya untuk menumbuhkan minat baca lewat taman baca hijau tersebut, mari kita dorong agar lebih banyak lagi tumbuh taman baca-taman baca yang lain di Indonesia.(sid)

 

 



 
KIM SEKOTONG TENGAH

KIM SEKOTONG TENGAH

Kim ( Kelompok Informasi Masyarakat ) Desa Sekotong Tengah terbentuk sejak tahun 2017.Merupakan salah satu media untuk berbagi informasi yang di tulis oleh warga,dan untuk warga dan dari warga.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan