logoblog

Cari

Tradisi Haflatul Imtihan Di Ponpes Darul Muhsinin NW Tanjung

Tradisi Haflatul Imtihan Di Ponpes Darul Muhsinin NW Tanjung

Lombok Timur, Kampung Media-Tradisi Haflatul Imtihan di Pondok Pesantren Darul Muhsin Nahdlatul Wathan (NW) Tanjung, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur

Pendidikan

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
09 Juli, 2019 14:15:56
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 4267 Kali

Lombok Timur, Kampung Media-Tradisi Haflatul Imtihan di Pondok Pesantren Darul Muhsin Nahdlatul Wathan (NW) Tanjung, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur setiap tahun dilakukan sebagai sebuah rutinitas dan menjadi identitas suatu Pondok Pesantren.

Belum lama ini Ponpes Darul Muhsin NW Tanjung memperingati kenaikan kelas sekaligus pelepasan santri menuju pendidikan yang lebih tinggi. Pimpinan Yayasan, seluruh pengasuh Ponpes, para pejabat kelurahan, kecamatan, seluruh santri dan para wali santri turut hadir pada momentum bersejarah tersebut.

Moment tersebut juga dirangkaikan dengan prosesi penyerahan dan penerimaan santri baru secara simbolis diwakilkan kepada salah satu wali santri dan pengurus pengasuh Ponpes Darul Muhsinin. Pada kesempatan itu pula dilakukan pengukuhan ikatan alumni Ponpes Darul Musinin NW Tanjung oleh Ketua Yayasan Ir H Iswandi Ibrahim, M.Si.

Menurut H Iswandi Ibrahim seorang alumni mempunyai tanggung jawab besar dalam membawa amanah tempat dimana dia menimba ilmu. Kelulusan menurutnya bukan berarti memutus ikatan pertalian antara murid dengan para guru di pondok pesantren.

“Salah satu yang patut di perhatikan adalah pengabdian para santri, baik dilingkungan pesantren atau terjun ke masyarakat. Alumni juga diharapkan mampu melekatkan solidaritas sosial antara pondok pesantren dengan lingkunganya. Karena sekecil apapun dilakukan oleh para alumni merupakan ihtiar bersama membesarkan nama pondok pesantren,” ujar H Iswandi.

Selain itu H Iswandi juga berharap agar dengan terbentuknya ikatan alumni ini Allloh SWT memberikan kemudahan dalam setiap perjuangan untuk membangun Ponpes, membangun NW, membangun bangsa, negara, membangun agama menuju kejayaan islam.

 

Baca Juga :


TGH Muhamad Hizbitohir MA dalam tausyiahnya mengingatkan kepada para santri maupun lulusan santri untuk tetap menjaga marwah perjuangan Ponpes tempat menuntut ilmu dan menerapkan ilmunya dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat dan tetap berkomitmen untuk membesarkan panji-panji perjuuangan Nahdlatul Wtahan.

“Mudah-mudahan ikatan alumni Ponpes Darul Muhsin NW Tanjung yang sudah terbentuk bisa dijadikan corong untuk mengembangakan dakwah islamiyah, menyebarluaskan ajaran agama islam dan menyebarluaskan panji panji NW. Mudah-mudahan langkah kita diberikan kemudahan oleh Alloh SWT dalam melaksanakan tugas bagi orang-orang yang berjihad di jalan Alloh SWT,” ujarnya kemudian. (her)

 



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan