logoblog

Cari

Kabar Bumi, Mencerdaskan Dan Mencerahkan Buruh Migran di KSB

Kabar Bumi, Mencerdaskan Dan Mencerahkan Buruh Migran di KSB

Sumbawa Barat, Diskominfo – Keluarga Besar Buruh Migran Indonesia (Kabar Bumi) cabang Sumbawa Barat merupakan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Pendidikan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
09 Juli, 2019 09:04:09
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 697 Kali

Sumbawa Barat, Diskominfo – Keluarga Besar Buruh Migran Indonesia (Kabar Bumi) cabang Sumbawa Barat merupakan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang aktif dalam mencegah tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Kabupaten Sumbawa Barat. Hal ini disebabkan banyaknya buruh migran Indonesia yang bekerja di luar negeri. Tak terkecuali di Kabupaten Sumbawa Barat yang setiap tahun mengalami peningkatan. Kasus Tindak pidana terhadap buruh migran mulai dari penyiksaan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) hingga perdagangan orang membuat LSM Kabar Bumi gencar melakukan berbagai kegiatan penolakan terhadap tindakan yang tidak manusiawi tersebut.

 

Tahap awal yang dilakukan dalam sosialisasinya yaitu pembuatan film dokumenter yang bertemakan pencegahan tindak pidana perdagangan orang di Sumbawa Barat. Dalam film tersebut menceritakan tentang perempuan yang ingin mendapatkan kehidupan layak dngan mengadu nasib menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri karena tergiur dengan iming-iming gaji yang besar.
Film ini disutradarai sendiri oleh Ketua Kabar Bumi, Marni Sulastri, dan diproduseri oleh Martadinata. Lokasi pengambilan gambar dilakukan disekitar Lingkungan Kemutar Telu Center dan beberapa daerah sekitar Kecamatan Taliwang.

 

“ Film ini nantinya akan diputar pada kegiatan pelatihan pendidikan pencegahan tindak perdagangan orang yang disasarkan kepada para guru, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Karang Taruna, Lembaga Sosial, Lembaga Perempuan,Camat, Kepala Desa, hingga ke lingkup Rukun Tetangga (Rt) dan Rukun Warga (RW) se Kabupaten Sumbawa Barat, selain itu juga akan di share melalui media cetak dan online lainnya, dimana dengan harapan pulau Sumbawa khusunya KSB bersih dari kasus TPPO” kata Marni dalam penjelasannya saat diwawancara di Sekretariat Kabar Bumi, Lingkungan Bosok Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang, Senin (8/7/2019).

 

Baca Juga :


 

Selain dalam bentuk film dokumenter ini, sosialisasi pencegahan tindak pidana perdagangan orang oleh Kabar Bumi juga merambah ke ranah bisnis minuman dalam kemasan dengan memproduksi susu kedelai murni sebagai salah satu penunjang suksesnya berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.
Kabar Bumi cabang Sumbawa Barat juga telah bekerja sama dengan Direktorat pembinaan pendidikan keluarga, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat tentang bantuan peningkatan kapasitas kelembagaan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang tahun 2019. ika/tifa.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan