logoblog

Cari

Bagaimana Proses Kenaikan Kelas?

Bagaimana Proses Kenaikan Kelas?

Di akhir tahun pelajaran selalu ada siswa yang naik dan tinggal kelas, mengapa demikian? Bagaimana proses kenaikan kelas itu sesungguhnya? Penetapan

Pendidikan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
29 Juni, 2019 07:20:10
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 1819 Kali

Di akhir tahun pelajaran selalu ada siswa yang naik dan tinggal kelas, mengapa demikian? Bagaimana proses kenaikan kelas itu sesungguhnya? Penetapan kenaikan kelas siswa dilakukan melalui rapat dewan guru di Madrasah , bukti fisik bahwa guru telah melakukan rapat dewan guru adalah berita acara rapat penetapan kenaikan kelas pada akhir tahun pelajaran dan disertai daftar hadir peserta rapat, Sabtu 29/06/2019.

Dasar penetapannya Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam no. 3731 tahun 2018 tentang petunjuk Teknis Penilaian Hasil belajar pada Madrasah Aliyah dan Keputusan Kenaikan kelas bagi peserta didik dilakukan berdasarkan hasil rapat dewan guru dengan mempertimbangkan kebijakan satuan pendidikan seperti minimal kehadiran, tata tertib dan peraturan lainnya yang berlaku di satuan pendidikan tersebut,Kriteria kenaikan kelas dari satuan pendidikan harus tersurat didalam dokumen KTSP, Lembar kreteria kenaikan kelas dilampirkan pada raport peserta didik.

Kriteria kenaikan kelas : 1. Jika terdapat mata pelajaran yang tidak mencapai KKM pada semester ganijil atau genap maka : dihitung rerata nilai berdasarkan aspek mata pelajaran semester ganjil dan genap, nilai serata setiap aspek dibandingkan degan KKM pada mata pelajaran tersebut, jika hasil nilai rerata lebih dari nilai KKM maka aspek mata pelajaran tersebutdinyatakan tuntas dan sebaliknya jika minimal satuaspek yang tidak tuntas maka mata pelajaran tersebutdikatakan belum tuntas.2. Meyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.3. Predikat sikap minimal baik yaitu memenuhi indicator kompetensi sesuai dengan kreiteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.4. Tidak memiliki lebih dari dua mata pelajaran yang masing maisng capaian pengetahuan atau keterampilan dibawah KKM,5. Kehadiran siswa tidak kurang dari 75 % pada semester ganjil dan semester genap tanpa keterangan.

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan