logoblog

Cari

Perpustakaan Harus Menarik Pembaca

Perpustakaan Harus Menarik Pembaca

Gerakan Cinta Membaca harus terus ditanamkan pada masyarakat NTB. Untuk itu keberadaan  perpustakaan baik disekolah, desa atau taman baca harus ditata

Pendidikan

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
19 Juni, 2019 16:02:16
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 646 Kali

Gerakan Cinta Membaca harus terus ditanamkan pada masyarakat NTB. Untuk itu keberadaan  perpustakaan baik disekolah, desa atau taman baca harus ditata dan dibangun dengan semenarik mungkin. Ini merupakan salahsatu strategi agar masyarakat gemar membaca.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyampaikan hal tersebut saat mencanangkan Gerakan Cinta Membaca dan dialog literasi digital di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, Selasa (18/06/2019).

Doktor Zul menyampaikan perpusatakaan di masa yang akan datang akan berbeda dengan saat ini. Sebab, cara pandang dan kebutuhan terhadap perpustakaan akan beda.

Menurutnya, perkembangan teknologi saat ini, memungkinkan perpustakaan tidak lagi terpaku pada ruangan dan jumlah karyawan yang banyak. Namun akan berevolusi menjadi sebuah benda yang beranama smartphone, yang memungkinkan seseorang dapat mengakses seluruh perpustakaan di bebagai belahan dunia, kapan saja dan dimanapun seseorang berada,” jelas Gubernur NTB.

"Saya membayangkan Perpsutakaan di NTB itu ukuran 2x3 di seluruh desa dan diisi oleh orang hebat yang bisa mengakses seluruh perpustakaan di dunia," ungkap Gubernur yang pernah mengunjungi perpustakaan terlengkap di Amerika itu.

Seiring dengan perkembangan teknologi juga, era digital mendorong kita untuk meningkatkan literasi digital dalam memperkaya khasanah ilmu kita. Salah satu diantaranya adalah menjadikan Perpustakaan Daerah (Pusda) NTB sebagai pusat layanan berbasis digital. Seperti layanan deposit, layanan referensi, story telling, hingga perpustakaan keliling. Serta menggelar berbagai lomba untuk meningkatkan minat masyarakat, seperti aneka lomba menulis, lomba story telling, lomba mendongeng, hingga lomba mewarnai untuk anak-anak.

“Buku mungkin lusuh, tua, dan lecet tapi buku memungkinkan kita berselancar dan berziarah dalam waktu utk bertemu siapa saja yg kita inginkan. Dengan buku bisa bertemu dgn pelawak yg menggelitik jiwa kita,” sebut Doktor Zul.

Pria asal Sumbawa ini memberikan gambaran, bahwa dengan Buku, kita bisa bercerita tentang akhirat,  mengunjungi masa depan. Dengan buku kita bisa bertemu dengan jagoan-jagoan besar yang menaklukkan dunia,  kita bisa berziarah dengan psikolog, dengan dokter, dengan siapa saja yg memungkinkan kita kembali dari perpustakaan itu dengan visi baru yg menyegarkan.

 

Baca Juga :


Di Maastricht, Belanda, ada Universitas PBB, United Nations University for New Technologies. Sebuah institusi utk teknologi2 baru seperti bioteknologi dan teknologi informasi. Institusi ini memiliki Perpustakaan paling kengkap di bidang teknologi baru dan kebijakan teknologi.

“Pegawai perpustakaannya cuma satu, ruangannya cuman 2x3 dgn satu karyawan dan tidak ada buku yang berjejer di rak2 nya, yg ada cuman seorang karyawan yang kebetulan seorang doktor di bidang perpustakaan,” katanya

Perpustakaannya paling lengkap, ruangannya kecil, tidak banyak buku berjejer tapi punya komputer besar. Kita bisa akses seluruh artikel di dunia. Tinggal kita ketik kata kuncinya, perpustalaan ini akan mampu menghidangkan informasi yang kita butuhkan.

“Saya membayangkan perpustakaan NTB ke depan tidak harus gedungnya megah, dan berhektar. Kita ingin perpustakaan kita ditata dgn rumput yg hijau di ruang sederhana, ada toilet yang bersih dan bersahabat dengan pengunjung,” ungkapnya.

Perpustakaan NTB ke depan mungkin ruangannya cukup 2x3 di setiap desa tapi di dalam ruangan tersebut ada pengelola yang mampu menembus semua penjuru di seluruh dunia. Sehingga informasi apa pun yg dibutuhkan pembaca mampu disajikan dgn cepat. Di perpustakaan, orang-orang  bisa transendensi, dan memungkinkan berziarah dalam waktu menikmati bacaanya. (Sumber Humas NTB-Edy Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan