logoblog

Cari

Persiapan Peringatan Nuzulul Qur'An

Persiapan Peringatan Nuzulul Qur'An

Tiada henti ucap syukur Alhamdullillah kepada Alloh SWT yang telah memberikan segala nikmat khususnya nikmat sehat,  teman-teman (yang membaca tulisan

Pendidikan

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
21 Mei, 2019 01:23:34
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 1700 Kali

Tiada henti ucap syukur Alhamdullillah kepada Alloh SWT yang telah memberikan segala nikmat khususnya nikmat sehat,  teman-teman (yang membaca tulisan ini) masih bisa menjalankan ibadah puasa ramadhan dengan baik,  Malam ke tujuh belas pada bulan ramadhan biasa disebut dengan malam Nuzulul Qur’an.

Nuzulul Qur’an secara singkat diartikan sebagai malam turunnya Al Qur’an, yaitu sesuai dengan makna dari kata Nuzul dan Qu’ran. Nuzulul Qur’an adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu Allah pertama kepada nabi terakhir agama Islam yaitu Nabi Muhammad SAW. Waktu turunnya Al-Qur’an bertepatan dengan malam yang disebut Lailatul Qadar. Allah SWT menurunkan Al-Qur’an pada Lailatul Qadar. Di dalam Al-Qur’an juga dijelaskan, Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan dan merupakan malam yang mulia. Jika malam Nuzulul Qur’an jatuh pada malam ke tujuh belas pada bulan ramadhan, untuk Lailatul Qadar jatuh pada malam-malam ganjil (21, 23, 25, 27 atau 29) Pada malam Lailatul Qadar, segala doa dapat dikabulkan oleh Allah SWT, segala dosa dapat diampuni oleh Allah SWT. Semoga kita semua dapat menjumpai malam yang istimewa ini. Aamiin.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap malam Nuzulul Qur’an tempat tinggal saya di selalu mengadakan pengajian. Untuk acara Nuzulul Qur’an Kali ini para pemuda mengambil alih dalam kegiatan tersebut. Persiapan Pengajian Nuzulul Qur’an di mulai dari tempat, penceramah, suguhan semua sudah disediakan.

Tempat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk pengajian Nuzulul Qur’an bertempat di Masjid Al-Islah Bawak Nao. Biasanya pengajian ini dilaksanakan setelah ba’da shalat tarawih, tetapi untuk kali ini berbeda dengan biasanya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, karena tahun ini setelah tarawih ada sebagian orang yang ikut nderes atau ngaji di tiap mushalla. 

Waktu sedang rapat panitia, usulan demi usulan datang silih berganti, dan pada akhirnya kesepakatan rapatpun ditentukan dengan agenda para pemuda dan pemudi dusun Bawak Nao Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur sepakat untuk mengadakan lomba pada peringatan nuzulul qur'an yang insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal 22 mei 2019M/1440H.

Dalam agenda rapat yang di adakan di Masjid Darurat Al-islah Bawak Nao pemuda melanjutkan rapat bersama tokoh agama dan pengurus masjid dalam rangka memperingati Nuzulul qur'an dengan membentuk panitia lomba dan rangkaian mata lomba yang akan di laksanakan nanti pada tanggal 22 Mei 2019 tersebut. 

 

Baca Juga :


Adapun kesepakatan dalam pembentukan panitia tersebut dimana disepakati; 
Ketua : Hidmatul Arif, S.Pd
Wakil : Alitopan
Sekretaris : Hajrul Azmi, S.Pd
Bendahara : Romlah Husana, S.Pd
Dan anggota angota yangvterbagi kedalam devisi yang di tentukan. 
Devisi Humas diketuai oleh Dedy Ambara
Devisi pendanaan diketuai oleh Pandi Rahmat Akbar
Devisi keamanan diketuai oleh Habibullah
Devisi perlengkapan diketuai oleh Tapziz Arif Smar
Devisi publikdok diketuai oleh zikrullah
Devisi konsumsi diketuai oleh mbak ika
Devisi acara diketuai oleh odi permana

Dalam rangkaian mata lomba yang akan di adakan sebagai berikut. 
1. Lomba adzan tingkat anakcanak
2. Lomba Puitusasi tingkat klas 4 sampai 6 Sekolah dasar sederajat
3. Lomba tahfiz tingkat anak-anak klas 1 sampai 3 sekolah dasar
4. Lomba pidato tingkat SMP/SMA sederajat dengan tema Ramadhan
5. Lomba mewarna tingkat PAUD sederajat 
6. Lomba Busana Muslim Tingkat PAUD sederajat. 

Dalam rangka pembukaan lomba yang akan di adakan dalam peringatan nuzulul qur'an tersebut akan diadakan pengajian umum untuk masyarakat Bawak Nao di masjid darurat Al-islah Bawak Nao. Yang insyaallah akan di isi oleh ustaz Paizun, LC.


By Hajrul Azmi 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan