logoblog

Cari

Campuran Homogen Beserta Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Campuran Homogen Beserta Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Konsep Campuran Campuran homogen adalah campuran yang diproduksi antara dua atau lebih zat dengan partikel penyusun yang sulit atau tidak

Pendidikan

Bagus Rizki
Oleh Bagus Rizki
20 Mei, 2019 10:41:28
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 3264 Kali

Konsep Campuran

Campuran homogen adalah campuran yang diproduksi antara dua atau lebih zat dengan partikel penyusun yang sulit atau tidak dapat dibedakan satu sama lain. Campuran homogen juga biasa disebut sebagai larutan. Contoh sederhana dari campuran homogen, yaitu: campuran gula dengan air, larutan gula, contoh sederhana lainnya adalah campuran air dengan garam, yang disebut larutan garam.

Ukuran partikel dalam larutan memiliki diameter yang sangat kecil sekitar 0,000000001 m dan sulit atau tidak mungkin dilihat dengan mikroskop. Beberapa contoh campuran homogen yang disebutkan di atas adalah campuran cairan, ada juga campuran zat padat dan gas.

Sifat campuran

Karakteristik dan contoh campuran homogen.

Dalam artikel sebelumnya kita membahas konsep campuran homogen, bahwa campuran homogen adalah campuran dari dua atau lebih zat di mana semua zat memiliki urutan yang seragam. Dengan cara ini, komponen suatu zat dengan zat lain sulit dibedakan. Kita bisa melihat contoh campuran homogen dalam kehidupan sehari-hari yang sering disebut solusi. Misalnya, sebagai larutan gula yang merupakan campuran air dan gula, atau minuman ringan yang biasa kita minum.

Campuran homogen dicirikan karena setiap bagian dari campuran homogen selalu sama, baik dari segi warna, rasa dan perbandingan. Misalnya, sesendok gula larut dalam air.

Perbedaan campuran

Untuk membedakan antara campuran homogen dan campuran heterogen, ada baiknya untuk mengetahui dulu apa itu campuran. Campuran adalah zat yang terbentuk dari dua atau lebih zat penyusun dengan sifat bawaan zat penyusun atau orang tuanya. Nah, campuran itu sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen. Berikut ini penjelasannya diambil dari https://contohsoal.co.id/

1. Campuran homogen.

Campuran homogen adalah campuran yang terdiri dari dua bahan atau lebih dalam fase yang sama. Contohnya adalah sedikit garam yang dibawa ke dalam air. Kita bisa melihat bahwa garam akan larut perlahan di dalam air dan menghilang. Untuk air dan garam membentuk zat baru dengan sifat yang berbeda dari komponen zar sebelumnya. Air sebagai murni tidak memiliki rasa, sedangkan air yang dicampur dengan garam memiliki rasa asin karena mengikuti rasa dari komponen keduanya. Demikian pula, sebelum dimasukkan ke dalam air, garamnya masih padat, sementara itu menjadi air dalam bentuk yang menjadi cairan.

Seperti dalam istilah ada kata "homo" yang homogen yang artinya sama atau sama. Jadi ketika mereka dilihat dari fisik, zat-zat penyusunnya juga tidak akan terlihat jelas. Karena zat ini bergabung menjadi satu. Campuran homogen tidak terlihat oleh mata, karena hanya dapat dilihat dengan mikroskop.

Karakteristik campuran homogen.

Partikel penyusun antara satu dan yang lainnya tidak dapat dibedakan.

  • Ini memiliki warna yang sama.

  • Ini memiliki rasa yang sama.

     

    Baca Juga :


  • Zat campuran memiliki proporsi yang sama.

  • Ini memiliki tingkat konsentrasi yang sama.

  • Bentuknya padat, gas dan juga cair.

  • Campuran Mereka tidak dapat dipisahkan dengan cara mekanis, tetapi mereka dapat dipisahkan dengan metode yang lebih sulit, seperti distilasi.

  • Contoh campuran homogen.

  • Air asin (air laut memiliki kandungan garam)

  • Air dan larutan gula dalam minuman ringan.

  • CO2 dalam air (air dikarbonisasi)

  • Uap air di udara

  • Karbon monoksida (CO) di udara

  • Campuran tembaga dan seng, yaitu kuningan.

  • Campuran perak, tembaga dan emas, terutama emas putih.

  • Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa campuran homogen ini tidak akan menunjukkan bidang batasnya. Bahkan dengan bantuan mikroskop masih belum terlihat jelas.

Demikianlah materi tentang Campuran Homogen Beserta Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Semoga bermanfaat bagi kita semua.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan