logoblog

Cari

Dewimas Menjadi Incaran Perguruan Tinggi

Dewimas Menjadi Incaran Perguruan Tinggi

Desa Wisata Masmas adalah salah satu Desa yang berada di wilayah Batukliang Utara  paling timur atau tepatnya dari pertigaan Pasar Tratak

Pendidikan

KM Kaula
Oleh KM Kaula
02 Mei, 2019 21:34:02
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 3502 Kali

Desa Wisata Masmas adalah salah satu Desa yang berada di wilayah Batukliang Utara  paling timur atau tepatnya dari pertigaan Pasar Tratak yang ke Benang Stokel, lurus ke timur kira-kira 2 km ketemu lagi pertigaan di bawah tower TVRI, tidak usah belok kiri tapi yang lurus kearah timur, kira-kira 700 an meter di tengah tanjakan yang sebelah kirinya ada kuburan,  di situ ada plang kecil warna hijau yang menunjuk kearah kanan dan di depannya sedikit seberang jalan ada pertigaan kearah kanan, disitulah gerbang selamat datang di desa wisata masmas.

Desa wisata yang menjual view alam dan gaya hidup riel masyarakatnya itu, Hari ini kamis tanggal 2 April 2019, didatangi oleh rombongan mahasiswa dari UIN mataram, fakultas ushuluddin dan study agama jurusan sosiologi agama yang berjumlah 80 orang yang didampingi oleh 4 orang dosen Pembimbing lapangan, yaitu Ahmad Efendi, Sukarman, pak Mutma’innah dan Fitrah Sugiharto.sementara Mahasiswa dan mahasiswinya adalah berasal dari 3 klas yaitu klas A, B dan C. semester IV.

Adapun agenda mereka datang ke Desa Masmas adalah untuk menyelesaikan salah satu mata kuliahnya yaitu , “Sosiologi Wisata”, untuk itu mereka men setting kegiatan berupa mendengar pemaparan dari pengelola wisata soal latar belakang menginisiasi untuk menjadikan desanya menjadi desa wisata, rintangan dan hambatan dari awal menginisiasi hingga eksis sekarang ini, termasuk juga dampak kegiatan wisata bagi masyarakat setempat mulai dari ekonomi, pendidikan, infrastruktur maupun dampak dampak social lainnya. Semuanya dijelaskan oleh sang pengelola dengan rinci. Adapun hal-hal yang terlewatkan, para mahasiswa/I menanyakan langsung pada sesi Tanya jawab setelah selesai pemaparan.

Setelah semua persoalan di pertanyakan dan dijawab sehingga dirasa tidak ada lagi hal mengganjal. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan keliling untuk melihat langsung kelapangan tentang destinasi dan kegiatan yang sudah dijelaskan pada sesi mendengar penjelasan dari pengelola. Destinasi yang di kunjungi oleh kelompok ketak yang terdapat di dusun antak-antak kemudian tempat pembuatan kerupuk bonggol pisang di sempul dusun pedandan.

Sewaktu mereka keliling, mereka juga melakukan poto bersama pada setiap spot yang dianggap bagus oleh para peserta diantaranya adalah di pinggir mbung dusun senyiur kemudian di sport selfie di dusun punikasih yang pengerjaannya masih belum rampung 100%, namun cukup menarik untuk menjadi spot selfie.

 

Baca Juga :


Setelah semua rampung, rombonganpun kembali pulang kemataram tentu dengan sejuta kenangan manis di desa wisata masmas.

 



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan