logoblog

Cari

Kabid Penmad Kanwil NTB Lakukan Monev UNBK Di Bima

Kabid Penmad Kanwil NTB Lakukan Monev UNBK Di Bima

Kota Bima, KM. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. NTB, H. Zamroni Aziz, SHi, MH

Pendidikan

Nurrosyidah Yusuf
Oleh Nurrosyidah Yusuf
24 April, 2019 09:11:51
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 1258 Kali

Kota Bima, KM. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. NTB, H. Zamroni Aziz, SHi, MH melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat MTs di wilayah Bima, Senin (22 April 2019) dan Selasa (23 April 2019).

Kabid melakukan Monev UNBK di kabupaten Bima, Senin, 22 April 2019. Madrasah yang menjadi sasaran yakni: MTs Negeri 1 Bima di kecamatan Wawo dan MTs Negeri 2 Bima di kecamatan Sape. Selain itu, Kabid melakukan kunjungan ke MIN Sumi di kecamatan Lambu.

Sementara di Kota Bima, Monev dilakukan Selasa, 23 April 2019 di MTs Negeri 1 Kota Bima dan MAN 1 Kota Bima. Di MTs Negeri 1 Kota Bima, selain siswanya sendiri, ada siswa dari MTs Negeri 3 Kota Bima yang menumpang UNBK. Sedangkan MAN 1 Kota Bima merupakan lokasi UNBK beberapa MTs swasta di Kota Bima. Hal ini disebabkan tidak tersedianya fasilitas UNBK yang memadai untuk dilakukan UNBK sendiri, seperti server dan perangkat komputer.

Kabid menyatakan bahwa pelaksanaan UNBK di kota Bima dan kabupaten Bima berjalan dengan baik. Meski fasilitas ujian masih minim, akan tetapi bisa teratasi dengan meminjam laptop milik siswa. Sehingga pelaksanaan ujian bisa dilaksanakan dengan sukses.  

Alhamdulillah pelaksanaan UNBK tingkat MTs di kota dan kabupaten Bima, baik negeri maupun swasta berjalan dengan baik. Hal ini sungguh luar biasa mengingat fasilitas ujian masih kurang”, ungkap Zamroni saat monev di MTs Negeri 1 Kota Bima.

Saat Monev, Kabid ditemani Kepala Kantor Kemenag Kota Bima, Kepala Seksi Penmad Kantor Kemenag Kota Bima, Kepala Kantor Kemenag kabupaten Bima, dan Kepala Seksi Penmad Kantor Kemenag kabupaten Bima.         

Kepala Kantor Kemenag Kota Bima, Drs. H.A. Munir memberikan keterangan. Pelaksanaan UNBK sudah berjalan selama 3 tahun. Di tahun 2017, Pemerintah menetapkan seluruh SMK diharuskan melaksanakan UNBK dikarenakan SMK dipastikan memiliki perangkat komputer yang memadai. Sementara sekolah lain belum ditetapkan. Akan tetapi, jika ada sekolah atau madrasah yang sudah memiliki fasilitas untuk melaksanakan UNBK, maka pemerintah membolehkan melaksanakan UNBK.    

 

Baca Juga :


Madrasah yang berani melakukan UNBK pertama kalinya saat itu hanya 2 madrasah yaitu:  MAN 1 Kota Bima dan MTsN 1 Kota Bima”, jelas Munir.

Baru pada tahun 2018, Pemerintah menetapkan seluruh sekolah dan madrasah diharuskan melaksanakan UNBK tanpa terkecuali. Madrasah berstatus negeri diwajibkan menyediakan seluruh fasilitas UNBK. Jika dinilai masih kurang perangkat komputernya, pihak madrasah meminjam laptop siswa. Sedangkan madrasah swasta menumpang UNBK di madrasah negeri.

Masih kurangnya perangkat komputer bukan menjadi hambatan. Sebagian laptop dapat pinjam dari siswa. Alhamdulillah, UNBK berjalan sukses. Kalaupun ada kendala, yang pertama adalah pasokan listrik dan masalah jaringan yang terkadang lelet. Jika listrik mati, solusinya pakai genset”, pungkas Kepala Kantor Kemenag Kota Bima ini.

Sementara keterangan Kepala MTs Negeri 1 Kota Bima, Drs. M. Adnan mengungkapkan bahwa pelaksanaan UNBK aman dan lancar. Jumlah peserta UNBK sebanyak 351 orang. Ruang ujian ada 4 ruang dengan 3 kali sesi. Pihaknya hanya memiliki perangkat komputer  sebanyak 36 unit. Jadi, sisanya yaitu 315 unit lainnya berasal dari pinjaman laptop milik siswa.  (NR)

    



 
Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf. Alamat: Jl. Seruni No.14 Lingkungan Saleko Kel. Sarae Kec. RasanaE Barat Kota Bima NTB. Email: rosyinurosyidah@gmail.com, rosyinurosyidah@yahoo.com. Facebook: Rosyi Nur Rosyidah. Twitter: @RoseNurrosyidah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan