logoblog

Cari

Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Dengan Literasi Digital

Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Dengan  Literasi Digital

Sumbawa Barat. Kampung Media - Pada dasarnya, literasi bukanlah suatu istilah baru. Ada sebagian orang yang belum memahami kata tersebut. Literasi

Pendidikan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
18 April, 2019 14:06:29
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 612 Kali

Sumbawa Barat. Kampung Media - Pada dasarnya, literasi bukanlah suatu istilah baru. Ada sebagian orang yang belum memahami kata tersebut. Literasi adalah kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu dalam kehidupan sehari-hari.

Penguasaan dan kemampuan literasi inilah yang ingin dicanangkan oleh Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) di sebuah desa pilihan yang ada di KSB. Ungkap Kepala SKB, Hadijah, S.Pd., saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/4/2019).

“Pencanangan literasi ini kami lakukan untuk membangun generasi yang terbuka serta untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam bidang literasi, sehingga masyarakat mampu berkomunikasi dengan baik.” Katanya.

Selain itu, penggunaan strategi literasi adalah untuk membangun pemahaman, meningkatkan keterampilan menulis, dan keterampilan komunikasi secara menyeluruh. Keterbukaan informasi yang nyaris tanpa batas menjadikan masyarakat harus memiliki kecakapan literasi. Semakin baik literasi maka semakin baik pula komunikasi.

“Pengertian literasi tidak hanya membaca dan menulis tetapi juga mampu menggali, mengolah, mengidentifikasi dan menggunakan informasi yang kita peroleh ke dalam bentuk sikap dan mengkomunikasikannya kepada orang lain.” Kata Hadijah.

 

Baca Juga :


Selain itu, lanjut Hadijah, SKB juga akan mencoba membangun generasi yang terbuka dan mengenal literasi digital. Literasi digital tersebut akan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) agar tidak ketinggalan di zaman yang terus maju ini.

Untuk meningkatkan kemampuan individu  menggunakan teknologi digital serta membangun pengetahuan baru, SKB akan membuat beberapa pojok baca yang dapat mengundang partisipasi masyarakat di kampung literasi tersebut sehingga masyarakat bisa berinteraksi dan belajar menggunakan informasi dengan bijak. (Feryal/tifa).

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan