logoblog

Cari

Lelang BMN Melalui Open Bidding

Lelang BMN Melalui Open Bidding

Bima_ Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima Nusa Tenggara Barat melaksanakan Lelang Barang Milik Negara (BMN) pada Madrasah Aliyah

Pendidikan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
17 April, 2019 13:46:17
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 3485 Kali

Bima_ Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima Nusa Tenggara Barat melaksanakan Lelang Barang Milik Negara (BMN) pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa, Selasa, 16 /04/2019.

Kepala Seksi Lelang Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima Asep Atang bersama Penjual Barang Milik Negara MAN 1 Sumbawa

Pada lelang tersebut, ditawarkan Barang bongkaran bangunan yang telah dirobohkan berupa kayu osok,kusen,reng dan seng . Lelang bersifat Open Bidding ( penawaran / biding dilakukan secara terbuka bisa dilihat secara online oleh peserta lelang dan bidding bisa dilihat dilakukan berulang ulang, yang artinya para peserta dapat melihat penawaran yang dilakukan peserta lain.

Hal ini tentu saja meningkatkan persaingan antar peserta dan membentuk harga pokok yang optimal.Lelang BMN dibuka pada pukul 09.00 WIB. hingga pukul 11.00 wita,  Barang Milik Negara yang ditawarkan laku terjual dengan nilai limit Rp 8.147.000,- dan peserta telah menyetorkan jaminan sesuai yang disyaratkan dan setelah proses lelang selesai ditetapkan sebagai pembeli sdr. Supriharin SAP warga di Kelurahan Bugis Sumbawa Besar NTB sebagai pembeli diberi waktu maksimal 5 hari untuk menyetorkan kekurangan dana nya. Asep Atang Kepala seksi Lelang KPKNL Bima selaku Pejabat Lelang mengungkapkan kelebihan open bidding untuk Lelang Non Eksekusi, dengan lelang Open Bidding, peserta dapat melihat secara langsung proses penawaran lelang.

Lelang Non Eksekusi Barang Milik Negara semakin diminati oleh masyarakat, terlebih pada era e-Auction. Pelaksanaan Lelang melalui E-Auction,( penawaran tanpa kehdiran peserta) selain mempermudah Penjual dan Peserta Lelang, tentu meningkatkan skala publikasi pengumuman lelang karena seluruh informasi dapat diakses melalui lelangdjkn.kemenkeu.go.id.

 

Baca Juga :


Hal tersebut menyebabkan informasi lelang Barang Milik Negara semakin dikenal dan diminati masyarakat sehingga meningkatkan jumlah peserta lelang. Meningkatnya jumlah peserta lelang tentu saja berpotensi meningkatkan harga pokok penjualan BMN di mana BMN terjual beberapa kali lipat dari Harga Limit yang ditentukan.

Kecenderungan peningkatan harga pokok yang terbentuk melalui e-Auction menjadi hal yang selaras dengan semangat optimalisasi penerimaan Negara, terutama dari sisi Pengelolaan Barang Milik Negara. H.Djoko Pitoyo, S.Sos selaku Pejabat Penjual yang ditunjuk oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa NTB mengaku senang dengan adanya E-Auction BMN dengan metode Open Bidding ini.

Selain capaian publikasi yang lebih luas, terdapat peningkatan harga yang cukup signifikan, terlebih seluruh BMN yang diajukan pada lelang tersebut laku terjual, Selain adanya peningkatan penerimaan Negara, menyampaikan dengan sistem lelang yang lebih efektif dan efisien, diharapkan hal ini dapat mencerminkan peningkatan akuntabilitas laporan keuangan , ke depan, proses Lelang Non Eksekusi Wajib BMN dapat menjadi metode jual beli yang semakin terpercaya dan semakin diminati masyarakat.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan