logoblog

Cari

Didiklat Agar Rat Tepat Waktu

Didiklat Agar Rat Tepat Waktu

Mengawali diklat bagi pengurus dan pengelola koperasi ditahun 2019 ini, Dinas Koperasi UKM NTB menggelar Diklat Akuntasi Koperasi bagi Pengurus dan

Pendidikan

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
19 Maret, 2019 01:10:55
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 2635 Kali

Mengawali diklat bagi pengurus dan pengelola koperasi ditahun 2019 ini, Dinas Koperasi UKM NTB menggelar Diklat Akuntasi Koperasi bagi Pengurus dan Pengelola Koperasi Se NTB yang dibagi menjadi 2 angkatan.

Seksi pengembangan kapasitas SDM Balatkop NTB sekalaigus panitia pelaksana diklat Bq.Mardiana Hayati, SH dalam laporannya mengatakan diklat ini bertujuan untuk memeberikan kemampuan dan keterampilan kepada pengurus dan pengelola koperasi sehingga dapat mengerjakan proses akuntansi koperasi mulai dari pembuatan bukti,neraca lajur dan menyusun neraca keuangan disamping itu juga agar bisa membuat laporan yang syariat secara akurat tepat dan cepat dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas sehingga dapat meningkatkan persentasi pelaksanaan RAT.

Diklat diikuti oleh 60 orang peserta yang berasal dari kabupaten kota dan provinsi se NTB dan dilaksanakan dari tanggal 18 s/d 21 maret 2019 bertempat di Balai Latihan Koperasi NTB atau Balatkop NTB jalan Pemuda no 20 Mataram. Adapaun tenaga pengajar berasal dari pejabat struktural Dinas Koperasi UKM NTB, Widyaiswara Balaidiklatkop UKM NTB dan Narasumber Kadiskop UKM NTB Drs.H.lalu Saswadi,MM.

Kadiskop UKM NTB H.Lalu Saswadi mengatakan, dinas ingin melatih, mengajar para pengurus koperasi tentang akuntansi, pembukuan koperasi supaya jangan sampai temen-teman yang jadi pengurus atau yang ingin membuat koperasi jangan sampai ada alasan tidak melaksanakan RAT (Rapat Anggota Tahunan).

Kata Saswadi koperasi sebagai sebuah gerakan masyarakat atau yang siap bergabung mengajak teman yang lain untuk membentuk wadah koperasi minimal berjumlah 20 orang, dan yang membentuk koperasi dibuatkan badan hukumnya secara gratis oleh dinas ,tidak sampai disitu mereka dididik bagaimana mengelola koperasi dan bagaimana pembukuannya atau administrasinya agar menjadi koperasi sehat.

 

Baca Juga :


Dari data yang ada kata Saswadi, untuk tahun ini dari 2965 koperasi, yang sudah RAT sampai dengan bulan maret untuk tahun buku 2018 sebanyak 530 unit koperasi.

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan