logoblog

Cari

Pendidikan Karakter Anak Berbasis Pramuka

Pendidikan Karakter Anak Berbasis Pramuka

Usia boleh tua, namun jiwa tetap saja muda dalam berkarya. Seperti itulah anggota pramuka yang tak pernah merasa tua. Mereka selalu

Pendidikan

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
25 Februari, 2019 20:10:17
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 6307 Kali

Usia boleh tua, namun jiwa tetap saja muda dalam berkarya. Seperti itulah anggota pramuka yang tak pernah merasa tua. Mereka selalu berkreatifitas tanpa mengenal batas usia. Mereka selalu disapa “Kak” meskipun usianya sudah menginjak lima puluhan tahun ke atas. Dalam keanggotaannya, mereka juga tidak pernah disapa dan menyapa “Bapak” atau “Ibu”, mereka hanya akrab mengeluarkan kata “Kakak” dengan berprinsip bahwa siapapun yang menjadi anggota pramuka adalah semua dianggap memiliki jiwa muda.

Dalam dunia pendidikan, kegiatan pramuka merupakan basis pada proses pendidikan karakter yang terjadi di lingkungan masyarakat, atau di luar kelas dan di luar keluarga. Kegiatan ini merupakan hal yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis. Proses pelaksanaan kegiatan pramuka sangat identik dengan alam terbuka dengan tetap berpegang pada prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

Gerakan Pramuka adalah salah satu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan yang rata-rata diikuti oleh anak, remaja atau generasi muda sekolah atau luar sekolah. Kegiatan ini pun ditangani oleh lembaga pendidikan lain yang juga bentuk pelaksanaannya menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

Kegiatan kepramukaan juga merupakan salah satu kegiatan organisasi pendidikan non formal yang didasari suatu konsep yang lengkap dan tersusun rapi. Olehnya itu, bila kegiatan kepramukaan diterapkan pada generasi penerus bangsa, seperti pada murid-murid sekolah dasar berarti akan mendapatkan manfaat yang besar baik secara langsung maupun tidak langsung.

Atas dasar manfaat kegiatan kepramukaan, tidaklah mengherankan jika beberapa sekolah dasar di Mataram menggalakkan kegiatan pramuka sebagai salah satu proses pemebentukan karakter pada anak. Jabbar (27 Th) salah seorang Pembina Pramuka di SDN 37 Ampenan Mataram mengatakan “Kepramukaan sebagai kegiatan yang tepat bagi anak sekolah dasar. Jabbar melihat bahwa kepramukaan merupakan kebutuhan yang cocok untuk dikomsumsi bagi anak-anak sekolah dasar. Sebab apabila murid-murid sekolah dasar terlibat dalam kegiatan kepramukaan bararti pula mereka akan mengetahui cara baris-berbaris dan juga kegiatan lainnya,” tandasnya.

 

Baca Juga :


Jabbar juga mengungkapkan “ Seperti di SD Negeri 37 Ampenan Mataram, kami juga memberikan pendidikan akhlak dan keagamaan, teknologi, jasmani dan kesehatan. Kami pun juga memberikan pengenalan alam sekitar, lingkungan sosial, dan lain sebagainya.” Ungkap Jabbar yang juga menjadi Pembina Pramuka di SMPK Mataram.

Kegiatan kepramukaan juga bersentuhan langsung  dengan masyarakat, yang notabenenya adalah salah satu contoh bentuk dari pendidikan kemasyarakatan. Olehnya itu,  sangat tepat jika kegiatan ini mendapat apreasiasi dari berbagai pihak, sebab kegiatan ini dapat membentuk karakter kepribadian anak, termasuk salah satunya adalah pembentukan kedisiplinan.

Berdasar pemantauan di berbagai kegiatan prmuka yang ada di Kota Mataram, termasuk di SDN 37 Ampenan Mataram dan di SDN 9 Cakra Mataram bahwa dengan berkembangnya kegiatan kepramukaan pada generasi penerus bangsa, seperti pada murid-murid sekolah dasar, yang mana murid-murid akan mendapatkan pembentukan kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, dan berjiwa patriotik. Selain itu, mereka pun akan menjadi sosok generasi penerus bangsa yang senantiasa taat kepada norma masyarakat dan hukum. Mereka pun juga akan mengenal dan menerapkan nilai kedisiplinan pada diri mereka masing-masing, dan juga menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan berwawasan luas, cakap dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjadi kader bangsa dalam menjaga mengamalkan Pancasila, melestarikan lingkungan hidup, dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dari gambaran di atas dapat digarisbawahi bahwa sangat bijak dan berarti jikalau sekolah-sekolah yang ada di Negara kita Indonesia, khususnya di NTB agar menjadikan pramuka sebagai salah satu unit kegiatan sekolah. Sebab dengan melihat pendidikan kepramukaan yang digalakkan di berbagai sekolah dasar yang ada di Kota Mataram, penulis melihat bahwa betapa pramuka memiliki andil yang cukup penting terhadap pembentukan karakter dan kreatifitas anak di sekolah dasar. Dalam hal ini, murid-murid sekolah dasar akan menjadi generasi penerus bangsa yang berwawasan, dan memiliki kedisiplinan yang luar biasa.

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan