logoblog

Cari

Tutup Iklan

Mengenal Model Pembelajaran Balakoper

Mengenal Model Pembelajaran Balakoper

Banyak anak-anak yang masih bercita-cita menjadi guru. Dulu, waktu kecil, ketika kita ditanya ketika besar mau jadi apa, ada beberapa yang

Pendidikan

Muhammad Madun Anwar
Oleh Muhammad Madun Anwar
06 Desember, 2018 18:05:25
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 578 Kali

Banyak anak-anak yang masih bercita-cita menjadi guru. Dulu, waktu kecil, ketika kita ditanya ketika besar mau jadi apa, ada beberapa yang akan menjawab menjadi ‘guru’. Sampai sekarang pun, ada beberapa anak ditanya, pasti ada yang menjawab menjadi ‘guru’. Padahal, bila ditinjau, menjadi guru itu sangat berat. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan supaya memang benar-benar dikatakan guru professional.

Menjadi guru professional itu sangatlah sulit. Namun, walaupun sulit setidaknya, setiap guru harus berusaha mencapainya. Setidaknya, jika ingin dikatakan menjadi guru yang professional sebaiknya dalam tahap awal haruslah masuk di kelas tepat waktu. Atau setidaknya, jadilah guru yang disukai anak-anak.

Sembari berusaha menjadi guru yang professional, sebaiknya guru juga harus menyiapkan diri untuk menjadi terbaik di kelas. Dengan menyiapkan diri seperti itu, berarti setiap guru akan berusaha menyipkan diri mengajar di depan dengan berbagi hal. Mulai dari menyiapkan strategi, metode, model atau pun tehnik dalam mengajar.

Dengan adanya hal demikian, maka sebagai guru (red. Saya), ada model pembelajaran yang bisa dipakai. Nama model pembelajaran tersebut adalah BALAKOPER. BALAKOPER adalah singkatan dari Baca, Latihan, Koreksi, Perbaiki. Model pembeajaran ini biasanya saya pakai ketika saya mengajar.

Model pembelajaran BALAKOPER ini bisa dipakai ketika di kelas, sebagai mana seperti yang kita ketahui bahwa model pembelajaran pada dasarnya mereupakan pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkusan atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan tehnik pembelajaran (akhmadsudrajat.wordpress.com).

Jadi, model pembelajaran BALAKOPER ini hanyalah buatan saya sendiri agar terlihat unik, dan jelas gambaran proses mengajar dari awal dan akhirnya. Setiap guru bisa melakukannya. Supaya lebih jelasnya, berikut ulusan singkat saya tentang model pembelajaran BALAKOPER ini.

BA (BACA)

Sejak sekolah menerapkan Kurikulum 2013, sekolah dituntut untuk membiasakan anak-anak untuk membaca. Hal ini dilakukan supaya anak-anak gemar membaca. Seperti yang kita ketahui, minat baca anak-anak di Indonesia sangatlah minim. Sehingga, budaya membaca harus diterapkan.

Nah, guru juga bisa melakuan hal ini. Apalagi terkait tentang sekolah yang memiliki kekurangan buku bacaan. Secara tidak langsung, guru juga berusaha membudyakan gemar membaca di anak-anak. Pada saat inilah mau tidak mau anak-anak akan membaca. Biasanya, anak-anak lebih focus membaca di kelas ketimbang dibiarkan membaca di luar.

Catatan untuk bagian ini adalah guru setidak memiliki buku paket sesuai mata pelajaran.

LA (LATIHAN)

Setelah anak-anak membaca, maka guru akan menyiapkan sebuah latihan untuk anak-anak. Ada 2 cara memberikan latihan pada anak-anak ditahap ini.

  1. Guru memberikan soal

Pada bagian ini, guru harus menyiapkan beberapa soal. Soal bisa berbentuk pilihan ganda dan uraian. Tentunya, soal yang diberikan sesuai materi yang dibaca anak-anak.

  1. Anak membuat soal

Pada bagian ini, guru memberikan kesempatan pada anak-anak untuk membuatkan diri mereka soal dan jawabannya. Soal yang dieprbolehkan bisa berupa pilihan ganda atau uraian.

KO (KOREKSI)

 

Baca Juga :


Setelah latihan, saatnya guru mengkoreksi hasil latihan anak.

PER (PERBAIKI)

Pada bagian ini, hasil latihan anak-anak yang sudah dikoreksi harus diberi nilai. Ketika ada latihan yang dibuat anak-anak salah atau kurang, maka guru menyuruh anak memperbaiki latihan tersebut.

****

Catatan tambahan: dalam menerapkan model pembelajaran ini, ketika anak-anak selesai membaca, usahakan buku atau paket yang sudah dibaca ditutup ketika latihan. Berikutnya, pada saat mengoreksi, guru harus teliti. Guna memeperbaiki hasil latihan anak-anak, apalagi ketika guru memilih cara latihan anak-anak dengan menyuruh anak membuat soal. Kenapa? Karena dibagian ini, guru bisa memperbaiki cara anak membuat soal sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik.

****

Disetiap model pembelajaran, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan model pembelajaran BALAKOPER ini. Dan berikut kelebihan dan kekurangan model pembelajaran ini:

KELEBIHAN

  1. Anak-anak dilatih untuk membudayakan gemar membaca
  2. Anak-anak dilatih untuk memperkuat daya ingat
  3. Anak-anak dilatih keterampilannya dalam membuat soal
  4. Guru bisa mengetahui tingkat pengetahuan anak-anak
  5. Anak-anak dilatih untuk memilih keputusan

KEKURANGAN

  1. Beebrapa mata pelajaran tidak cocok menggunakan model pembelajaran ini
  2. Membutuhkan waktu yang banyak

****

Dan… demikianlah tentang model pembelajaran BALAKOPER ini. Ada banyak hal yang saya pikirkan ketika memposting ini. Sebab, tulisan ini bisa dikatakan baru atau tidak. Sebab, takutnya, banyak yang menerapkan ini dan memiliki namanya tersendiri. Atau, ada model pembelajaran seperti ini dengan nama yang berbeda.

Maaf, bila ada kesalahan dalam hal ini. Semoga teman-teman yang membaca tulisan ini memaklumi. Mari belajar bersama-sama. Tentunya, mari berusaha menjadi guru yang professional.

Image source: MSN.com, gobankingrates.com



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan